Kementerian PUPR Siap Membangun 150 Rumah Khusus di Bengkulu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pelayanan kepada masyarakat dalam bidang perumahan dan infrastruktur terus ditingkatkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari dilaksanakannya pembangunan 150 unit rumah khusus (Rusus) di Provinsi Bengkulu.

Pembangunan rumah khusus ini memiliki beberapa sasaran masyarakat diantaranya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), nelayan, komunitas, dan masyarakat terdampak bencana.

“Kami siap melaksanakan tugas pembangunan rumah khusus untuk masyarakat yang berpenghasilan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP). Pembangunan rumah khusus ini juga memiliki beberapa sasaran masyarakat”, kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Bengkulu, Faizal Rozi juga mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pendampingan dari tahap awal perencanaan sampai saat pembangunan, pasca pembangunan, sampai dengan serah terima aset kepada pemerintah daerah.

“Beberapa aspek yang menjadi pertimbangan dalam verifikasi teknis lapangan ini antara lain jarak lokasi dari garis sepadan pantai, adanya ketersediaan air bersih dan mudahnya pasokan listrik ke lokasi dan akses transportasi” jelasnya.

Verifikasi teknik perlu dilakukan untuk merealisasikan pembangunan rumah khusus di Provinsi Bengkulu. Verifikasi teknis bisa berupa kelengkapan administrasi dan ketersediaan lahan yang ada. Verifikasi teknis lahan dan administrasi tersebut akan dilakukan langsung oleh Direktorat Rumah Khusus yang diwakilkan oleh Kepala Sub Direktorat Wilayah 1 Ariandini Jektiningsih, bersama Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bengkulu Faizal Rozi dan Dinas Perumahan dan Pemukiman dari Setiap Kabupaten.

Baca Juga: REI : Pengembang Minta Adanya Keringanan Pajak untuk Tingkatkan Sektor Properti

Berdasarkan data, adapun pembangunan rumah khusus di Provinsi Bengkulu ini akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang, karena saat ini masih dalam tahap persiapan lahan dan administrasi.

Pembangunannya akan dilaksanakan di beberapa daerah yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah yakni di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa sebanyak 50 unit, Kota Bengkulu di Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu sebanyak 50 unit, dan Bengkulu Utara di Desa Pasar Sebelat Kecamatan Putri Hijau sebanyak 50 unit. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo