REI: Pengembang Minta Adanya Keringanan Pajak untuk Tingkatkan Sektor Properti

image

PropertiNews.id, Tangerang – Selama masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama kurang lebih 5 bulan ini di Indonesia, sektor perekonomian di indonesia juga turut terdampak akibat penurunan dari berbagai industri. Namun saat ini, sektor properti dinilai mampu menjadi penggerak ekonomi nasional di tengah pandemi yang terjadi. Hanya saja pemerintah diminta perlu memberikan perhatian lebih serius kepada sektor yang menyerap lebih dari 30 juta tenaga kerja tersebut.

“Peran strategis sektor real estate di antaranya meningkatkan pertumbuhan 174 industri terkait. Lalu jumlah pekerja langsung dan tidak langsung yang diserap sektor real estate mencapai sekitar 30,34 juta orang.”, kata Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI), Paulus Totok Lusida.

Ia menambahkan, saat pandemi ini sejumlah sub sektor properti terpukul. Misalnya saja rumah komersial turun berkisar 50-80 persen dan perkantoran turun di angka 74,6 persen. Hanya segmen rumah subsidi yang masih bertahan di masa pandemi. Konsumen masih terlihat antusias terutama di daerah.

Baca Juga: Lahan Jakarta Makin Sempit, Pasar Apartemen Mulai Bergeser ke Bodetabek

Dengan pertimbangan tersebut, REI mengusulkan sejumlah masukan kepada pemerintah untuk bisa membangkitkan kembali sektor properti ini. Usulan yang diberikan diantaranya adalah penurunan tarif PPh Final Sewa Tanah dan Bangunan sebesar 10 persen menjadi 5 persen, selama masa pandemi atau untuk jangka waktu antara 12 – 18 bulan.

Selain itu, penurunan tarif PPh Final  Jual Beli Tanah dan Bangunan sebesar 2,5 persen menjadi 1 persen selama masa pandemi atau untuk jangka waktu antara 12 – 18 bulan. Kemudian penurunan tarif PPN sebesar 10 persen menjadi 5 persen selama masa pandemi atau untuk jangka waktu antara 12 – 18 bulan.

Serta perlu diberi kelonggaran waktu pembayaran PPh Final Sewa dan Jual Beli Tanah dan Bangunan, serta PPN selama masa pandemi atau sampai dengan 9 – 12 bulan dari batas maksimal pembayaran pajak. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo