Lahan Jakarta Makin Sempit, Pasar Apartemen Mulai Bergeser ke Bodetabek

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mengingat semakin sempitnya lahan di Jakarta yang berdampak pada harga jual, membuat pasar apartemen mulai bergeser ke arah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Adapun segmen pasar dari hunian tersebut didominasi oleh kelas menengah ke bawah. Hal ini disampaikan langsung oleh Konsultan Properti Savills Indonesia.

Berdasarkan catatan dari Savills, daerah Bodetabek memiliki potensi yang masih cukup besar, terutama untuk kelas menengah bawah. Sampai saat ini saja, apartemen di kawasan Bodetabek sudah mencapai 110.000 unit, dimana 51,7 persen merupakan kelas menengah bawah, 47,4 persen kelas menengah atas, dan kelas atas hanya 0,9 persen.

Director Research Consultancy Savills Indonesia, Anton Sitorus mengungkapkan harga unit apartemen untuk kelas menengah bawah untuk kawasan Bodetabek ini berbeda denan di Jakarta. Di Bodetabek, ukuran untuk kelas menengah bawah antara Rp13 juta per meter persegi, kelas menengah atas antara Rp13-23 juta per meter persegi, dan kelas atas antara Rp23 jutaan ke atas per meter persegi.

“Pasokan terbesar apartemen di Bodetabek masih di wilayah Tangerang antara 60 ribu unit, disusul oleh Bekasi hampir 30 ribu unit, kemudian ada Depok di atas 10 ribu unit dan Bogor di bawah 10 ribu unit” kata Anton.

Baca Juga: Proyek Superblok Sakura Garden City Terus Berlanjut di Tengah Pandemi

Hasil survei dari Savills juga mengungkapkan adanya penurunan yang signifikan di semester pertama tahun ini hingga 85% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap sektor properti di tanah air. Banyak pengembang yang bahkan menunda pengerjaan proyek – proyek barunya dan menjual proyek eksisting yang sedang dipasarkan hingga saat ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo