Kuartal III/2020, Investasi Properti Asia Pasifik Mengalami Kenaikan 35%

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pandemi Covid-19 berdampak cukup besar pada pasar properti di Asia Pasifik termasuk di tanah air. Namun seiring berjalannya waktu, pasar properti bisa mulai bangkit kembali. Pada Kuartal III/2020, volume transaksi properti mengalami peningkatan 35% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Geliat investasi di kuartal ketiga didorong oleh peningkatan aktivitas di sejumlah pasar Asia Utara, terutama di Tiongkok (-10 persen year on year), Korea Selatan (-2 persen year on year) dan Jepang (-18 persen year on year). Selain itu, investasi di Australia (-45 persen secara tahunan) dan Hong Kong (-27 persen secara tahunan) masih tetap lemah selama kuartal tersebut.

“Pertanda utama dimulainya kembali aktivitas investasi pada kuartal ketiga dengan volume investasi yang meningkat di Tiongkok, Korea, dan Jepang” kata CEO Pasar Modal JLL Asia Pasifik Stuart Crow dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, transaksi properti meningkat seiring dimulainya kembali aktivitas ekonomi di masing-masing negara. Tokyo dan Seoul merupakan dua kota dengan nilai investasi tertinggi pada 2020.

Hasil riset JLL pada Kuartal II ini menemukan bahwa adanya peningkatan kinerja logistik dan pusat data. Selama Kuartal III, pasar industri yang lebih luas menunjukkan kinerja yang kuat dengan pertumbuhan transaksi mencapai 76% dibanding tahun lalu, dimana bisnis logistik dan pusat data menjadi pendorong utama.

Baca Juga: Hingga Pertengahan November 2020, Realisasi Belanja Infrastruktur PUPR Capai 73%

Kemudian menumbuhkan kembali kepercayaan investor selama masa pemulihan ditunjang oleh kembalinya aktivitas para manajer investasi di kuartal ketiga. Sebaliknya, kegiatan di paruh pertama 2020 didominasi oleh investor pribadi karena manajer investasi menunggu kejelasan sebelum menaruh modal. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo