Lama Dinanti, Akhinya Beberapa Pabrik Tiongkok Resmi Relokasi ke Indonesia

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebanyak tujuh Perusahaan asal China akhirnya resmi memindahkan pabrik mereka ke Indonesia pada tahun ini. Adapun ke tujuh perusahaan ini nantinya akan menyerap hingga 30 ribu tenaga kerja. Salah satu perusahaan yang tercatat akan melakukan relokasi pabrik ke Indonesia adalah PT Meiloon Technology Indonesia yang meresmikan pembangunan pabrik di Subang Jawa Barat dengan total investasi senilai US$90 Juta atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, perusahaan dan mitra lokalnya telah berkomitmen menyerap tenaga kerja dalam negeri. Dengan demikian, perekonomian dari tingkat kabupaten hingga nasional dapat kembali bergerak setelah terpukul akibat pandemi.

“Meiloon adalah salah satu investor yang berkomitmen memprioritaskan tenaga kerja di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Subang dan juga suplai kebutuhan dalam rangka pembangunan industrinya” kata Bahlil.

Meiloon menargtekan bisa memulai proses produksi pada akhir bulan ini. adapun produk yang dihasilkan dari pabrik ini adalah speaker audio video elektronik dengan mayoritas penjualan ke pasar ekspor.

Selain PT Meiloon Technology, beberapa perusahaan lain yang tercatat dan menyatakan diri masuk ke Indonesia pada tahun ini adalah PT Sagami Indonesia, PT CDS Asia (Alpan), PT Kenda Rubber Indonesia, PT Denso Indonesia, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, dan PT LG Electronics Indonesia. Jika ditotal, ketujuh perusahaan ini menggelontorkan nilai investasi mencapai US$850 Juta atau setara dengan Rp12,4 triliun (kurs Rp.14.700 per dolar Amerika Serikat).

Baca Juga : Ditargetkan Selesai 2021, Progres Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara Capai 73%

Dengan adanya relokasi pabrik-pabrik tersebut, diharapkan dapat memperbaiki kinerja perekonomian, daya beli hingga ekspor. Investasi ini juga bertujuan memberikan lapangan kerja dan mampu memberikan pertumbuhan pada kawasan ekonomi baru.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada tahun lalu mengungkapkan kekesalannya karena tidak ada satupun perusahaan China yang pindah ke Indonesia. Pabrik-pabrik tersebut banyak lari ke Vietnam dan beberapa negara lainnya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo