Melalui Program BSPS, PUPR Bedah 300 Rumah Tak Layak Huni di Demak

image

PropertiNews.id, Tangerang – Melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang kerap disebut dengan bedah rumah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membenahi 300 rumah tak layak huni (RTLH) di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

PPK Swadaya SNVT Penyediaan Perumahan Jawa Tengah, Ahmad Fahmi mengatakan, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Perumahan (BP2P) Jawa III melakukan pemasangan peneng BSPS di sejumlah rumah penerima bantuan BSPS. Pemasangan Peneng ini sebagai simbol bahwa rumah masyarakat tersebut sudah menjadi layak huni dan telah mendapatkan program BSPS.

“Pada tahun 2020 ini, Kementerian PUPR melalui BP2P Jawa III menyalurkan Program BSPS di Kabupaten Demak sebanyak 300 unit rumah. Rumah-rumah ini mendapatkan bantuan perbaikan rumah hingga menjadi yang layak huni”, kata Fahmi dalam siaran persnya.

Fahmi juga menjelaskan, penyaluran program BSPS di Demak ini tersebar dalam 12 Desa di Kecamatan Bonang. Yaitu Desa Betahlawang, Desa Gebang, Desa Krajanbogo, Desa Morodemak, Desa Poncoharjo, Desa Purworejo, Desa Serangan, Desa Sukodono, Desa Sumberejo, Desa Tridonorejo, Desa Weding, Desa Wonosari yang masing-masing mendapatkan alokasi 25 unit rumah. Dengan alokasi tersebut, Kabupaten Demak memiliki progres paling tinggi di Jawa Tengah dengan nilai persentase 98,1 persen.

Baca Juga: Bersama COP, Modernland Realty Kembangkan Smart City untuk Modernland Cilejit

Fahmi juga berharap, dengan prestasi yang dimiliki oleh Kabupaten Demak mampu membuat Kabupaten/Kota lain lebih semangat lagi untuk mengejar progres 100 persen dengan lebih cepat. Sehingga Jawa Tengan mampu segera menyelesaikan permasalahan RTLH.

Pada tahun 2020 ini, Kementerian PUPR mengalokasikan 17.450 unit rumah di Jawa Tengah untuk ditingkatkan kualitasnya. Pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahap. Tahap Satu sebanyak 10.450 unit rumah, Tahap Dua sebanyak 5000 unit rumah, dan Tahap Tiga sebanyak 2000 unit rumah.

Dengan didorongnya program BSPS ini, pemerintah berharap mampu mengurangi angka rumah tidak layak huni di Indonesia. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo