Menhub : Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya akan Beroperasi pada 2024

image

PropertiNews.id, Tangerang – Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya sudah memasuki tahapan baru. Pemerintah Indonesia dan Jepang sudah menandatangani keja sama proyek peningkatan kecepatan kereta api (KA) Jakarta-Surabaya. Kerja sama tersebut bertajuk “Summary Record on Java North Line Upgrading Project”.

Penandatangan kerja sama itu dilakukan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Hubungan (Kemenhub), Zulkifri dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto dari Pemerintah Indonesia. Sedangkan dari Jepang, Direktur Urusan Ekonomi Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia Tadayuki Miyashita dan Perwakilan Senior Badan Kerja Sama Internasional Jepang. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Menteri Perhubungan serta Menteri PUPR.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya mengungkapkan, proyek kereta ssemi cepat ini akan dimulai pada 2022, usai proses feasibility study (FS) atau studi kelayakan rampung di 2012. Kemudian, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bisa beroperasi pada tahun 2024 mendatang. Namun kereta ini baru bisa beroperasi dengan rute Jakarta-Cirebon.

“Proyek ini akan dimulai pada 2022 karena membutuhkan pembebasan tanah dan 2024 sudah mulai bisa beroperasi Jakarta sampai Cirebon. 2025 bisa sampai Surabaya single line” kata Budi.

Menhub menegaskan, proyek kereta semi cepat ini akan mengikuti instruksi Presiden Jokowi. Terkait pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang melibatkan investor lokal serta transfer knowladge yang lebih banyak.

Baca Juga : REI Tanggapi Pengesahan RUU Pertanahan yang Ditunda

Dengan adanya kereta semi cepat ini, bisa memangkas waktu dari Jakarta ke Surabaya. Ditargetkan kereta ini bisa membawa penumpang dari Jakarta ke Surabaya hanya dengan waktu 5,5 jam. Menhub juga memperkirakan tarif kereta semi cepat Jakarta-Surabaya ini sebesar Rp 400 ribu-Rp 450 ribu. Angka ini telah memperhitungkan prediksi nilai investasi kereta semi cepat sebesar Rp 60 triliun. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo