Kereta Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan Beroperasi Oktober 2019

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya mengemukakan Kereta Bandara Solo, Provinsi Jawa Tengah rute Stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo mulai beroperasi Oktober tahun ini. Sampai saat ini progres pembangunan nya sudah mencapai 96 persen. Penyelesaian proyek ini diharapkan bisa ditempuh dalam kurun waktu 1 bulan.

“Kereta Bandara akan dioperasikan Oktober. Sementara ini kita pikirkan menghubungkan dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo. Tapi nanti ada juga pola dari Stasiun Solo ke Jogja. Tinggal satu titik saja. Kita konsinyasi tanahnya, langsung konstruksi tidak sampai satu bulan kemudian sudah bisa beroperasi” kata Budi.

Budi juga menambahkan, kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo menempuh waktu sekitar 20 menit dengan total panjang jalur yaitu 12,97 kilometer. Rencananya kereta bandara ini akan menggunakan 1 train set dan melakukan perjalanan sebanyak 32 trip dalam perhari dengan headway rata-rata 63 menit. Untuk kecepatan kereta akan berkisar dari 75 km/jam – 80 km/jam.

Kereta Bandara Adi Soemarmo merupakan salah satu bentuk dukungan dari Kementerian Perhubungan guna mendorong sektor pariwisata pada kawasan Joglosemar (Jogja Solo Semarang).

Baca Juga : Jalan Tol Pertama di Ibu Kota Baru, akan Diresmikan pada Oktober 2019

Khusus Joglosemar, pemerintah sudah membangun Bandara di Kulonprogo. Pemerintah pun akan memikirkan untuk memaksimalkan kereta yang menghubungkan dari Semarang, Solo, Jogja, Kulonprogo, dan Purwekerto. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo