Keuntungan Properti di Titik LRT

image

PropertiNews.id, Tangerang - Pembangunan proyek transportasi massal kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) terus dikebut. Pemerintah menargetkan LRT akan rampung dan siap beroperasi sekitar pertengahan tahun 2019.

Tahap I proyek ini akan melalui rute, Cibubur-Cawang-Bekasi Timur dan Cawang-Dukuh Atas. LRT fase I A dan Fase I B akan membentang dari Cibubur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 24,2km dan Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 17,9km.

Keberadaan LRT tidak hanya menggembirakan masyarakat yang tinggal di pinggiran kota seperti Bekasi dan Cibubur–Cileungsi, namun juga menjadi celah yang potensial di mata pengembang properti sekaligus sarana investasi yang prospektif bagi konsumen.

Menurut Wahyuni Sutantri selaku Direktur Pemasaran PT Adhi Persada Properti (APP), ke depannya kawasan hunian yang berada di sisi jalur LRT akan dicari para konsumen properti sebab memiliki banyak keuntungan.

“Hunian yang sangat dekat bahkan terkoneksi langsung dengan stasiun LRT akan banyak dibidik kaum sub-urban. Utamanya adalah faktor kemudahan dalam beraktivitas ke pusat-pusat bisnis, ekonomi, dan hiburan di Jakarta,” katanya.

Imbal Hasil Lebih Tinggi
   
Dari segi investasi, menurut Happy Murdianto, GM Corporate Sales & Marketing APP, capital gain properti yang berada di jalur LRT tentunya akan jauh lebih tinggi dibanding lokasi umum lainnya.

“Kenaikannya secara normal sekitar 15% per tahun. Dan tak menutup kemungkinan ini bisa lebih besar lagi apabila Pemerintah sudah resmi menaikkan pajak kendaraan bermotor. Sehingga memaksa orang untuk naik transportasi umum.”

“Dari pangsa sewa, konsumen yang berinvestasi properti di titik LRT diproyeksikan mendapat reguler income antara 8% – 12% per tahun dari harga mereka beli,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal sistem ERP dan Fungsinya

Tidak hanya dari potensi investasinya, properti yang berada di titik LRT juga membuat penghuninya lebih berhemat. Sebab bujet yang dikeluarkan per bulan untuk pos transportasi harian bakal berkurang.

Untuk menuju kantor atau pusat kota, tak perlu lagi mengeluarkan uang bensin atau ongkos ojek online. Biaya transportasi massal yang ditetapkan Pemerintah pun berkali lipat jauh lebih murah. Bahkan, ongkos naik LRT diperkirakan hanya sekitar Rp12 ribu saja.

Properti yang dekat LRT juga akan mendekatkan jarak tempuh sekaligus menciptakan efisiensi dalam hal waktu dan tenaga. Dengan segala kepraktisan yang ditawarkan otomatis kualitas dan taraf hidup penghuninya akan meningkat.

Selain itu, tingkat stres juga disebut bakal berkurang karena hunian dekat LRT akan dilengkapi dengan area komersial dan fasilitas umum yang terintegrasi dalam satu kawasan. Tak pelak hal ini akan memudahkan penghuni melakukan aktivitas sehari-hari. (SU)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo