Gudang Terpusat vs Multi Gudang: Apa Keuntungannya?

image

Propertinews.id, Tangerang – Gudang mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan barang. Keuntungan memiliki gudang bisa didapatkan mulai dari membantu proses produksi barang, memaksimalkan kualitas barang, hingga mendukung permintaan pelanggan agar menjadi lebih cepat dan efektif.

Sebuah perusahaan pada umumnya dapat menggunakan dua jenis gudang, yang terdiri dari jenis gudang terpusat (centralized warehouse) ataupun multi gudang (multi warehouse). Masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing yang memberikan dampak tertentu bagi setiap perusahaan.

Perbedaan utama terletak pada lokasi gudang. Gudang terpusat merupakan jenis gudang yang terletak di satu tempat saja, sedangkan multi gudang tersebar di berbagai tempat. Penggunaan gudang sebenarnya harus disesuaikan dengan jenis barang yang telah diproduksi. Lokasi dan kuantitas juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenis gudang. 

Gudang terpusat memiliki keunggulan di pengeluaran biaya gudang yang lebih murah. Tidak memerlukan banyak pegawai untuk mengontrol dan mengelola gudang, biaya yang diperlukan untuk sumber daya manusia juga dapat diminimalisir. Membeli gudang hanya membutuhkan biaya yang dikeluarkan selama sekali saja. Menggunakan gudang terpusat juga dapat memudahkan proses distribusi barang menjadi lebih mudah diatur karena hanya terletak di satu tempat saja.

Tidak kalah menguntungkan, multi gudang juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan. Salah satu keuntungan terbaik dari memiliki multi gudang adalah, segala jenis kerusakan atau resiko buruk yang dapat terjadi pada barang dapat lebih dicegah dan mudah diatasi. Seperti misalnya, ketika terjadi bencana alam di satu lokasi gudang, perusahaan tidak perlu khawatir karena masih memiliki lokasi gudang di wilayah lain yang tidak terkena bencana alam tersebut. Proses pengiriman dan akses yang lebih cepat juga dapat dirasakan oleh konsumen atau pelanggan, karena jumlah gudang yang tersebar di berbagai wilayah dan tidak terpusat hanya di satu lokasi.

Baca Juga: Tips Memilih Gudang untuk Bisnis Anda

Pilihan jenis gudang mana yang akan digunakan perusahaan tentu harus dipertimbangkan secara matang dan maksimal. Berbagai potensi kerugian juga harus dilihat secara detail, mengingat penggunaan gudang pasti akan mempengaruhi produksi barang untuk konsumen. Sesuaikan dengan target, lokasi, pelanggan dan jumlah produk yang dimiliki, pemilihan jenis gudang lebih baik dilakukan dengan seluruh divisi perusahaan dan tidak dipilih secara asal-asalan. (JES)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo