Tipe Unit Apartemen yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bingung memilih tipe apartemen yang cocok untuk anda ? Masalah seperti ini hampir dialami oleh setiap orang yang hendak menyewa atau membeli apartemen. Jawabannya tentu saja tergantung dari kebutuhan anda akan ruang dan furnitur-furnitur yang dibutuhkan. 

Di Jakarta sendiri yang merupakan kota besar dan padat penduduknya, kebutuhan akan hunian yang lengkap dengan fasilitas dalam gedung dan bertempat dekat dengan fasilitas publik pun semakin tinggi. Para developer telah berlomba-lomba membangun gedung apartemen yang memenuhi kebutuhan ini, dan pilihannya sangat beragam untuk calon pembeli atau penyewa dikarenakan tipe-tipe apartemen yang disediakan juga beragam. 

Mengenali tipe apartemen berguna bagi Anda untuk mengetahui seperti apa tipe yang Anda butuhkan. Untuk itu, Silakan simak rangkuman dari kami berikut ini.

Tipe Studio

Tipe pertama yang harus anda ketahui adalah apartemen tipe studio. Tipe ini sangat cocok bagi mahasiswa atau pelajar, pekerja yang belum menikah, atau pelancong yang memerlukan hunian berukuran kecil. Studio merupakan tipe apartemen yang tidak memiliki kamar-kamar. Apartemen jenis ini juga cocok untuk mahasiswa karena tidak akan ribet untuk membersihkan dan mendekorasinya. 

Apartemen tipe studio ini menggabungkan kamar tidur dan dapur dalam satu ruangan. Kamar mandinya ada di ruangan terpisah, seringkali dilengkapi dengan bathup, meski banyak juga unit studio yang hanya dilengkapi shower. Untuk ukuran apartemen tipe studio ini adalah 20 meter hingga 35 meter persegi. 

Tipe Alcove 

Tipe alcove ini hampir sama dengan tipe studio, namun yang membedakan adalah dari bentuk bangunan ruang apartemen tersebut. Jika tipe studio berbentuk persegi atau persegi panjang, namun apartemen tipe alcove ini memiliki ruangan membentuk huruf L dimana sudut terkecil digunakan untuk tempat tidur dan yang berukuran panjang digunakan untuk ruang tamu atau ruang menonton tv. 

Tipe 1BR (1 Bedroom)

Berbeda dengan apartemen tipe Studio, tipe 1BR memiliki ruang tengah, dapur dan kamar yang terpisah. Kamar tidurnya seringkali dilengkapi dengan lemari pakaian. Kamar mandinya terpisah dan pada beberapa unit 1BR yang mewah, ada kamar mandi tambahan yang berukuran lebih kecil. Untuk apartemen tipe 1BR ini memiliki ukuran 32 meter hingga 34 meter persegi. 

Tipe 2BR (2 Bedroom) 

Jika ada apartemen dengan tipe 1BR maka akan ada unit dengan tipe 2BR. Tipe ini adalah hunian yang memiliki 2 tempat tidur. Tipe hunian ini cocok bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Sehingga jika anda sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak, anda cocok untuk tinggal di hunian ini.

Tipe 3BR (3 Bedroom)

Serupa dengan unit 2BR, yang membedakan 3BR dengan unit sebelumnya adalah ruangan-ruangan tambahannya. Unit ini cocok untuk dihuni oleh pasangan lama yang memiliki lebih dari dua anak.  Ukuran dari apartemen tipe 3BR adalah 54 meter hingga 108 meter persegi. 

Tipe Duplex dan Triplex

Beralih ke tipe tipe apartemen berikutnya, Anda pasti pernah mendengar apartemen “Duplex” yang berarti dua tingkat, dan apartemen “Triplex” yang berarti tiga tingkat. Dengan konsep seperti rumah karena dibuat bertingkat, perbedaan kedua tipe ini dengan yang lain berdasar kepada jumlah tingkatan dan susunan bangunannya. Jika Anda berniat untuk memiliki tipe Duplex atau Triplex, Anda dapat menggunakan lantai dua atau ketiga sebagai kamar tidur dan ruang kerja.

Lantai pertama biasanya lazim digunakan sebagai ruang tamu, ruang dapur atau ruang keluarga mengingat penghuninya kebanyakan adalah keluarga yang memiliki anak kecil. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo