5 Tips Investasi Tanah Menguntungkan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ketika Anda melakukan investasi, bukan hanya keuntungan yang menjadi prioritas utama, namun faktor keamanan juga harus dipikirkan. Lantas bagaimana cara investasi yang aman serta menguntungkan? Berikut ini kami berikan tips-nya untuk Anda. 

Pilih Tanah yang Belum Berprospek Pembangunan 

Jenis tanah investasi ini memang cenderung lebih miring. Namun jenis tanah ini masih spekulatif karena kawasan ini masih berupa tanda tanya apakah diperuntukkan untuk kawasan industri atau pemukiman. Dengan kata lain, jenis tanah ini belum masuk ke dalam rencana tata ruang yang spesifik. 

Namun, jika prediksi Anda tepat bahwa kawasan tersebut akan dibangun pemukiman, pusat industri, atau akan dilewati jalan besar dan juga akan ada infrastruktur pembangunan, maka dapat diprediksi harga tanah tersebut akan mengalami kenaikan. 

Lokasi Tanah 

Dalam menentukan lokasi tanah, Anda sebaiknya mempertimbangkan apakah di lokasi tertentu sering dilanda bencana atau tidak, misalkan banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. 

Selain itu, biasanya orang-orang tidak suka lokasi tanah yang dekat dengan sesuatu yang tidak nyaman seperti limbah pembuangan sampah, banyak preman, angker, atau dekat dengan kuburan. 

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli saat memilihnya. Ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan warga atau notaris yang ada di sekitar lokasi tanah, mereka tentu lebih tahu ketimbang Anda tentang bagaimana sebenarnya kenyamanan di lokasi tanah tersebut.

Kondisi Tanah 

Kondisi tanah ini meliputi banyak hal, di antaranya adalah bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran serta hadap tanah. Semua hal ini juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Untuk masalah bentuk tanah, biasanya pembeli lebih menyukai tanah yang memiliki bentuk persegi dan juga trapesium.

Untuk kerataan dan kepadatan tanah, ini juga akan menjadi masalah tersendiri bagi Anda karena pembeli lebih menyukai tanah yang rata dan juga padat, tanah yang tidak rata dan tidak padat tentu membutuhkan biaya untuk memperbaikinya, dan hal ini akan menjadi kelemahan dalam proses negosiasi, imbasnya adalah pembeli akan meminta potongan harga kepada Anda. 

Lakukan Perbandingan Harga

Sebelum melakukan negosiasi harga dengan pemilik tanah, ada baiknya Anda melakukan perbandingan harga dengan tanah sekitar yang baru saja dijual. Anda bisa menanyakan perbandingan harga dengan agen properti spesialis area. Setelah mengetahui harga pasaran, Anda punya data yang kuat untuk melakukan tawar menawar harga. Pastikan harga yang didapat bisa memberi keuntungan yang cukup. 

Amankan Lokasi Tanah dan Legalitasnya

Ketika Anda sudah membeli tanah, jangan lupa untuk segera mengurus balik nama sertifikat setelah membeli menjadi Sertifikat Hak Milik atau SHM. Lalu, amankan lokasi dengan cara memagari tanah sebagai tanda batas. Hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya aksi penyerobotan oleh pihak lain. Agar terlihat lebih menarik, pagar pembatas bisa juga dibuat dengan menggunakan sejumlah tanaman. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo