Perhatikan Hal ini Agar Tidak Terjebak Properti Bermasalah

image

PropertiNews.id - Tangerang - Investasi di sektor properti masih menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Karena nilai jual yang relatif terus meningkat, kebanyakan orang ingin melakukan investasi dengan membeli lahan, rumah atau apartemen. Namun, investor harus berhati-hati dalam melakukan pembelian. Banyak proyek properti yang bermasalah yang pada akhirnya malah merugikan Anda.

Dalam melakukan investasi, dalam sektor apapun, risiko tidak akan pernah hilang. Hal yang dapat Anda lakukan adalah pengelolaan dan perencanaan agar risiko dapat diminimalisasi. Untuk dapat sukses dalam melakukan investasi di instrumen properti, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut ini.

1.       Profil Pengembang

Pengembang properti merupakan faktor penting dalam menilai resiko yang Anda tanggung dalam melakukan investasi. Jika status investasi properti Anda masih dalam status inden, maka hal ini merupakan hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan.

Dalam bisnis properti, sistem inden menjadi hal yang sering ditemukan. Hal ini dikarenakan pengembang mulai memasarkan properti jauh sebelum bangunan dapat ditinggali. Kenali profil pengembang sehingga Anda dapat mengetahui kredibilitas perusahaan tersebut.

Dengan melacak rekam jejak, Anda dapat mengurangi resiko terhadap masalah yang mungkin terjadi. Teknologi digital tentu dapat memudahkan Anda untuk menggali informasi mengenai profil pengembang.

2.       Perizinan

Hal yang tidak kalah penting dari profil pengembang adalah status perizinan dari properti yang dibangun. Terdapat beberapa pengembang yang memasarkan sebuah proyek properti dengan status perizinan yang belum selesai.

Sebelum melakukan pembelian, pastikan bahwa properti yang Anda beli memiliki status legal formal yang tidak bermasalah. Anda dapat melakukan pengecekan ke kantor pemerintah setempat atau menanyakan status perizinan langsung kepada pengembang.

3.       Sumber dari Pihak Ketiga

Anda harus terus proaktif dalam menggali informasi sehingga investasi yang dilakukan minim risiko. Temukan informasi mengenai pengembang ataupun proyek properti tersebut dari pihak ketiga seperti media sosial atau situs berita.

Anda perlu berhati-hati jika menemukan informasi yang kurang baik mengenai proyek incaran Anda. Selain itu, Anda juga perlu memverifikasi kebenaran informasi yang Anda dapatkan dari sumber ketiga.

4.       Persyaratan dan Ketentuan

Membeli lahan, rumah, atau apartemen tidak sama dengan membeli barang lain. Selain harga yang cenderung lebih tinggi, properti merupakan bentuk investasi jangka panjang sehingga perlu pertimbangan yang matang.

Anda perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi. Dengan ini, Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan jika proyek properti bermasalah di tengah jalan, seperti waktu pengerjaan dan fasilitas yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Pastikan Anda mengetahui syarat dan ketentuan pengembalian dana apabila proyek bermasalah dan harus dihentikan karena tersandung masalah hukum. Dengan ini, investasi yang Anda lakukan akan menjadi lebih aman dan minim risiko. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo