Cara Manajemen Gudang Lebih Optimal

image

PropertiNews.id, Tangerang  - Percaya tidak kalau penjualan Anda bergantung pada gudang yang Anda miliki? Nyatanya bisa atau tidaknya Anda memenuhi kebutuhan pelanggan itu tergantung dari pengelolaan inventaris pada gudang Anda lho. Manajemen gudang yang berantakan bisa memberikan kerugian bagi bisnis yang Anda jalani. Gudang yang berantakan tersebut nampaknya dapat mengakibatkan banyak barang yang rusak bahkan hilang atau mungkin proses pengiriman produk akan memakan waktu yang lebih lama sehingga membuat pelanggan Anda pergi.

Jangan khawatir lagi. Dengan menerapkan beragam tips manajemen gudang agar lebih optimal berikut ini akan memberikan keuntungan bagi Anda deh. Yuk simak ulasannya!

1. Atur Isi Gudang

Salah satu cara paling mudah dalam manajemen gudang Anda ialah dengan mangatur isi gudang. Sebelumnya, Anda disarankan untuk merencanakan setiap ruang penyimpanan yang ada. Memastikan ruangan gudang dapat memudahkan keluar serta masuknya barang juga sangat perlu untuk Anda perhatikan lho.

2. Pastikan Barang Diberi Label

Hal penting lainnya dalam manajemen gudang ialah dengan mengecek seluruh barang di gudang dan memastikan semua produk jual Anda telah memiliki kode SKU dan barcode. Pastikan juga agar tidak ada double label pada barang Anda agar dapat memudahkan staf menemukan dan mengambil barang dengan lebih cepat.

3. Pisah Barang sesuai Tingkat Penjualan

Hal ketiga yang perlu Anda lakukan agar manajemen gudang lebih optimal ialah dengan memisahkan barang sesuai dengan tangkat penjualannya. Pastikan barang yang lebih cepat terjual berada di tempat yang mudah dijangkau agar mempercepat proses pengambilan barang yang dilakukan oleh staf atau karyawan Anda. Hal ini juga dapat menghemat waktu dan energi kan?

4. Lakukan Perhitungan Inventaris

Tips manajemen gudang agar lebih optimal selanjutnya ialah dengan melakukan perhitungan inventaris Anda secara berkala. Melakukan perhitungan siklus atau cycle count tidak serumit daripada perhitungan fisik lho. Anda hanya perlu menghitung sejumlah barang di lokasi tertentu di gudang Anda.

Nah, seperti itulah cara manajemen gudang agar lebih optimal yang bisa Anda terapkan mulai saat ini. Yuk mulai perbaiki manajemen gudang Anda sekarang! (DD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo