Jalan Tol Pertama di Ibu Kota Baru, akan Diresmikan pada Oktober 2019

image

PropertiNews.id, Tangerang – Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) yang merupakan jalan tol pertama di Ibu Kota baru rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI pada Oktober 2019. Ruas yang akan diresmikan adalah seksi II, III, dan IV. Jalan tol Balsam ini nantinya akan melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan target tersebut dibuat dengan melihat perkembangan pembangunan jalan tol yang hingga September ini sudah mencapai 97 persen.

“Saat ini perkembangan konstruksi seluruhnya sudah mencapai 97 persen. Kami optimis untuk seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir oktober ini. Sementara V dan I yang merupakan dukkungan konstruksi Pemerintah masih ada beberapa yang harus dikejar dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019” kata Danang.

Baca Juga: 500 Perencana Kota di Dunia Akan Bahas Ibu Kota Baru Indonesia

Jalan tol Balikpapan – Samarinda ini dirancang sepanjang 99,35 kilometer dengan perkiraan investasi senilai Rp. 9,97 triliun. Setelah nantinya diresmikan, tol ini kemudian akan disosialisasikan kepada masyarakat sebelum dikenakan tarif Rp.1.000 per kilometer sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Namun kemungkinan tarif ini akan mengalami perubahan jika PPJT diamandemen terkait diambilalihnya pekerjaan porsi pemerintah sepanjang 3,8 kilometer oleh JBS.

Tol Balsam ini dirancang sebagai penghubung ibu kota Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda dengan sejumlah kota bisnis lainnya seperti Balikpapan, Penajem Paser Utara, Kutai Kartanegara, dan Bontang. Tol Balsem akan semakin strategis ketika didukung infrastruktur konektivitas lainnya menuju pelabuhan Semayang di Balikpapan, dan Pelabuhan Samarinda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo