Lokasi Pasti Calon Ibu Kota Baru Diumumkan, Harga Tanah di Kaltim Naik

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pasca diumumkannnya secara resmi bahwa Provinsi Kalimantan Timur menjadi lokasi pasti letak pemindahan ibu kota, harga tanah di provinsi itu pun mulai meningkat. Kenaikan harga tanah bahkan mencapai double digit dari segi persentase.

CEO Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda mengatakan, pergerakan harga tanah di Kaltim seudah terasa sejak awal tahun. Meskipun saat itu masih belum jelas lokasi yang akan ditunjuk.

Menurut catatannya, harga tanak di Kaltim hingga semester s1 2019 rata-rata naik 13% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara jika dibandingkan kuartal l-2019 tercatat naik 6-7%.

“Pergerakan mulai ada sejak awal tahun, namun masih relatif wajar. Ada beberapa faktor yang membuat harga tanah di Kaltim naik. Selain karena isu ibu kota, sektor batubara pun mulai naik yang mempengaruhi tingkat permintaanya” kata Ali.

Pemerintah pusat dan daerah mengaku mempunyai strategi agar membasmi para spekulan yang hendak mencari untung dari rencana besar ini.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah menyampaikan tak usah berlebihan soal spekulan tanah pasca ditetapkannya Kaltim sebagai ibu kota baru negara.

Baca Juga : Sah!  Sebagian Penajam Utara dan Kutai Kartanegara Jadi Lokasi Ibu Kota Negara

“Saya nggak sepakat kalau dikatakan ada makelar (tanah), jelas di sana kawasan hutan, dugaan saya koordinatnya di luar area konservasi, tidak usah terlalu berlebihan soal spekulan. Saya kira ini terkendali, apalagi nanti kawasan itu dikuasai negara. Masyarakat Kukar ini sudah bersatu. Kalau ada perbedaan, kita duduk bersama di musyawarahkan, soal jual beli tanah sudah ada aturannya dan fungsi pemerintah mengatur” ujar Edi .

Edi juga menambahkan, penetapan Kaltim sebagai ibu kota baru Indonesia akan memberikan dampak positif, salah satunya mendorong percepatan pembangunan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo