Sah! Sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Kaltim Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo dalam konfrensi pers di Istana Negara, resmi mengumumkan lokasi pasti dari ibu kota baru Indonesia. Ibu kota baru nantinya akan berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Pemerintah telah melakukan kajian mendalam dan intensifkan studinya selama tiga tahun terakhir” kata Jokowi

Baca Juga : Belum Dapat Penuhi Kekurangan Rumah, Pemerintah Buat Program Perumahan Berbasis Komunitas

Jokowi menambahkan, lokasi ini dipilih karena kegiatan ekonomi yang terpusat ini membuat Pulau Jawa menjadi sangat padat dan menciptakan ketimpangan dengan pulau-pulau di luar Jawa. Pemindahan ibu kota ke Kalimantan juga dilandasi oleh pertimbangan potensi bencana yang ada.

 “ Kenapa di Kalimantan Timur ? Pertama risiko bencana minimal. Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan dan tanah longsor. Kalimantan Timur juga dinilai strategis. Lokasinya sendiri berada di tengah-tengah wilayah Indonesia. Lalu Kalimantar Timur juga berada di dekat prerkotaan yang sudah berkembang seperti kota Balikpapan dan Samarinda” lanjut Jokowi.

Kawasan induk ibu kota baru nantinya akan memakan wilayah hingga 40.000 hektar. Nantinya luas wilayah ini akan dikembangkan menjadi 180.000 hektar dari tanah yang dimiliki pemerintah disana. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo