Belum Dapat Penuhi Kekurangan Rumah, Pemerintah Buat Program Perumahan Berbasis Komunitas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Saat ini 61,7 persen dari 65 juta rumah tangga masih menempati Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Padahal perumahan dan pemukiman merupakan kebutuhan dasar manusia yang dijamin dalam pasal 28 (h) UUD 1945. Namun, Pemerintah menyatakan hingga kini belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan hunian masyarakat.

Berbagai program dibuat untuk memenuhi hunian masyarakat, namun tak juga mengatasi persoalan kekurangan hunian. Berdasarkan data dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kekurangan rumah mencapai 11,4 juga unit sementara kebutuhan rumah pertahunnya mencapai 800.000 unit.

Sejak tahun 2015, pemerintah memiliki program sejuta rumah untuk menekan kekurangan rumah. Saat ini, Kementrian PUPR tengah mengembangkan program perumahan berbasis komunitas untuk meraih target 1,25 juta rumah tahun ini. Cara ini dinilai bisa membantu memudahkan masyarakat dari komunitas profesi tertentu untuk memiliki rumah, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga : Sektor Properti Melemah Berdampak Pada Penurunan Penjualan Marmer

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya (BPS) Land menjadi salah satu model perumahan berbasis komunitas yang dibangun dengan pola hunian berimbang antara jumlah rumah mewah, menengah, dan sederhana.

“Pemerintah berharap pengembangan perumahan skala besar yang menerapkan konsep hunian berimbang dapat terus dilaksanakan di daerah-daerah lain” kata Basuki dalam sabutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid pada acara pencanangan pembangunan perumahan BPS Land Asri Griya di Palembang, Sumatera Selatan.

Baca Juga : Keluarga Habibie Bangun Megasuperblok Mewah di Batam

Khalawi juga mengatakan penyediaan rumah rakyat terkait banyak hal, permasalahannya kompleks sehingga solusinya mesti melibatkan banyak pihak.

Sampai dengan 19 Agustus, pemerintah mengklaim 808.401 rumah telah dibangun dalam program sejuta rumah tahun ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo