Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan Terungkap

image

PropertiNews.id, Tangerang – Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan kepada DPR mengenai pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Sebuah bahan paparan berjudul “Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara (IKN)” beredar. Bahan paparan tersebut juga mimiliki logo resmi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dokumen tersebut berisi desain dari ibu kota Indonesia yang baru.

Menteri PPN / Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa desain infrastruktur yang telah dirancang oleh kementrian PUPR tersebut  telah diperlihatkan langsung ke Presiden.

“Sudah (disampaikan ke Jokowi). Itu emang awalnya. Pokoknya kita selesaikan semuanya pada tahun 2020 sehingga 2021 siap konstruksi” kata Bambang.

Pada tahun depan, pemerintah ingin Detail Engineering Design (DED) ibu kota baru Indonesia sudah mulai disusun. Ibu kota yang masih dirahasiakan lokasi nya ini, tercatat seluas 6.200 hektar.  

Baca Juga : LRT Jabodetabek Mulai di Uji Coba Bulan September

Bambang juga mengatakan bahwa desain itu juga menjadi masterplan dari DED yang akan dibuat. Dalam membuat DED, Bambang mengaku akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR.

Ibu kota baru ini nantinya akan menjadi simbol identitas negara. Adapun konsepnya adalah integritas ruang hijau dan biru. Geometri Kawasan disesuaikan berdasarkan kearifan lokal.  Sebagai ikon, nantinya terdapat monumen pancasila yang lokasinya tak jauh dengan Istana Presiden. Sementara di belakang Istana Presiden nantinya akan terdapat perumahan para menteri yang berseberangan dengan gedung TNI dan Polri. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo