Sidang Bersama DPD - DPR, Jokowi Belum Umumkan Lokasi Pasti Ibu Kota Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato kenegaraan pada sidang bersama DPD RI dan DPR RI hari ini Jumat, (16/8/2019) di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI. Dalam salah satu pidatonya, Jokowi membahas mengenenai rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Namun hingga pembahasan selesai, Jokowi belum juga mengumumkan secara spesifik provinsi atau kota mana yang akan dijadikan ibu kota baru.

Jokowi menyampaikan permohonan izin kepada para anggota dewan dan juga seluruh masyarakat Indonesia untuk memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan.  

“Pada kesempatan yang bersejarah ini dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyak Indonesia. Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan”, kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan dalam pidatonya bahwa ibu kota bukan hanya sebagai simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Pemindahan ibu kota dilakukan demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi.

Baca Juga : Pembangunan 3,9 Juta Unit Program Rumah Murah, APBN Hanya Topang 20-30%

Disisi lain, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melalui Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan mendukung ibu kota pindah ke Kalimantan. DPR RI akan terus berupaya menjalankan tugas sebagai penyambung aspirasi masyarakat daerah yang ada di seluruh Indonesia.

“Kami mendukung rencana pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Terkait hal itu semua DPD RI sebagai representasi daerah akan konsisten dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia” kata OSO.

Tahap pemindahan ibu kota ke Kalimantan saat ini akan terus dikaji oleh pemerintah. Jika telah terealiasasi, hal ini akan mewujudkan pemerataan dan keadilan ekonomi agar pembangunan Indonesia tidak Jawa sentris melainkan Indonesia Sentris. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo