Presiden Jokowi Diprediksi Umumkan Pemindahan Ibukota Bulan Agustus

image

PropertiNews.id, Tangerang – Isu pemindahan ibu kota merupakan topik yang menjadi perhatian publik saat ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Jokowi mungkin akan menyinggung perihal pemindahan ibu kota dalam pidato kenegaraan di DPR/MPR 16 Agustus mendatang.

Isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan peletakan batu pertama ibu kota baru pada bulan Agustus ditepis oleh Basuki karena untuk dapat melakukan ini perlu persetujuan DPR terlebih dahulu.

Basuki menilai bahwa pemindahan ibu kota merupakan hal yang tidak mudah, dan harus berdasarkan pada undang-undang. Oleh karena itu, kemungkinan Presiden Jokowi menyinggung perihal ini dalam pidatonya merupakan pendapat pribadi Basuki.

Baca Juga: Ibu Kota Baru RI Mengadopsi Konsep Ramah Lingkungan

“Kalau ada yang bilang bulan depan berarti Agustus, nggak mungkin, paling mungkin di pidato, itu pendapat saya, jadi harus izin DPR, harus ada undang-undang dulu, baru bisa move on,” ucap Basuki.

Pada kesempatan lain, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, terdapat dua provinsi yang berpotensi menjadi ibu kota baru, yaitu Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menurut kajian Bappenas, Kaltim dianggap sebagai provinsi yang paling berpotensi dari kedua provinsi tersebut dilihat dari kekuatan dan kelemahan.

Lebih lanjut, Bambang menungkapkan bahwa ibu kota baru akan didesain dengan konsep ramah lingkungan.

Ibu kota baru akan memanfaatkan energi terbarukan (EBT) dan tidak lagi menggunakan energi fosil. Menurut Bambang, ibu kota baru tidak ingin mengulangi kesalahan pembangunan ibu kota saat ini.

Baca Juga: Ibu Kota Akan di Pindah, Bisnis Properti di Jakarta Meningkat

Bambang menambahkan bahwa ibu kota yang baru hanya akan menampung 1,5 juta penduduk saja. Pemerintah tidak ingin ibu kota baru sama seperti Jakarta yang padat penduduk. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo