Rencana Pindahnya Ibu Kota Dianggap Setara dengan New York

image

PropertiNews.id, Tangerang – Walaupun masih rencana dan belum ada kepastian yang jelas, pemindahan Jbu Kota Jakarta ke Kalimantan dianggap akan setara dengan New York. 

Pasalnya, pemindahan Ibu Kota Jakarta demi memisahkan fungsi kota niaga atau pusat perdagangan dengan fungsi pelayanan pemerintahan. Rencana ini merupakan kebijakan yang baik untuk dilakukan. Namun harus dengan perencanaan yang sangat matang.

Bernardus Djonoputro, selaku Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP), berpendapat bahwa rencana ini adalah kebijakan yang jamak. Beliau juga berpendapat bahwa Jakarta selevel dengan New York, Sydney, Mumbai, dan Shanghai. 

Apabila nantinya rencana ini terlaksana, pengaruh politik yang kuat akan tetap ada sesuai pada masing-masing fungsinya, dan tidak akan menurunkan pengaruh politik. Alasannya, Jakarta masih menjadi pusat muara bisnis dan ekonomi sebesar 50%. 

Bernardus juga tidak ragu dengan pemindahan Ibu Kota Jakarta, karena pemindahan kota ke lokasi yang tepat dapat dilakukan dengan mengikuti standar tata ruang yang sudah pernah ada sebelumnya. 

Sementara itu simpang siur, Palangkaraya adalah kota yang akan dijadikan pengganti Jakarta. Bernardus berkeyakinan tidak ada masalah dengan kota Palangkaraya. Beliau terus menegaskan bahwa yang dibutuhkan adalah penyusunan perencanaan yang matang dan pembiayaan prasarana baru. (LW)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo