Presiden Sebut Pemindahan Ibu Kota Sudah Dikerucutkan Menjadi Satu Provinsi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Rencana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia kembali ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ibu kota negara yang baru akan pindah dari DKI Jakarta ke wilayah Kalimantan.

Jika sebelumnya terdapat dua pilihan provinsi, lokasi pasti ibu kota baru telah dikerucutkan ke salah satu provinsi.

“Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan. Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan,” ungkap Jokowi melalui akun Instagram resmi miliknya pada Kamis (8/8/2019).

Seluruh aspek pemindahan ibu kota saat ini sedang dikaji secara mendetail dan mendalam. Aspek ini meliputi desain kelembagaan, skema pembiayaan, dan payung hukum regulasi pemindahan ibu kota negara.

Jokowi meminta rencana ini harus mempelajari pengalaman negara lain yang pernah melakukan pemindahan ibu kota negara sehingga hambatan yang mungkin terjadi dapat diatasi.

“Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi, kita adaptasi,” tambahnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara jangka panjang, untuk 10, 50, hingga 100 tahun yang akan datang.

Disinyalir ibu kota baru akan dipindah ke provinsi Kalimantan Timur. Hal ini dikarenakan ditemukan 23 titik penanda (ikat) milik Badan Informasi Geospasial (BIG) RI yang berada di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Titik ikat yang ditemukan merupakan landasan kecurigaan mengingat lokasi ini merupakan tempat yang dikunjungi oleh Jokowi saat mengecek kandidat calon ibu kota negara yang baru pada bulan Mei 2019 silam. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo