Kalimantan Timur Menjadi Provinsi Pasti Ibu Kota Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah telah memutuskan Provinsi pasti dari ibu kota baru, yaitu di Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil. Namun, pemerintah belum ingin mengkonfirmasi lebih jauh terkait kawasan yang benar-benar akan menjadi ibu kota baru Indonesia.

“Iya Kalimantan Timur benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya dimana ya, belum. Begitu diputuskan dimana lokasi pastinya, akan kami kunci” kata Sofyan.

Sofyan juga mengatakan bahwa pemerintah belum ingin menyampaikan secara terbuka dimana lokasi pasti ibu kota baru karena ingin lebih dulu menyiapkan kesiapan lahan di kawasan tersebut. Sebab pemerintah membutuhkan lahan yang tak sedikit untuk membangun ibu kota baru.

Baca Juga : Walikota Bekasi Ingin Kotanya Jadi Jakarta Tenggara

Terpilihnya Kalimantan Timur sebagai provinsi yang akan menjadi ibu kota baru, menyingkirkan Kalimantan Tengah yang selama ini paling ramai diperbincangkan untuk menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro ikut menanggapi terkait terpilihnya Provinsi Kalimantan Timur. Ia menegaskan ibu kota negara tidak akan dibangun di Samarinda atau Balikpapan.

“Ya pokoknya ditempat yang belum ada kegiatan, maksudnya tanah kosong. Jadi lokasinya bukan di Samarinda atau Balikpapan, itu kota yang sudah berjalan ya” kata Bambang.

Bambang menambahkan, nantinya lokasi ibu kota baru tersebut akan berlokasi di lokasi yang memiliki akses mudah ke pelabuhan dan juga bandara yang sudah ada. Sehingga setelah membangun ibu kota baru, tak perlu lagi membangun pelabuhan dan bandara baru.

Sementara itu, ibu kota baru yang akan dibangun mengusung empat visi. Yaitu simbol identitas bangsa, smart, green, beautiful, dan sustainable. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo