Walikota Bekasi Ingin Kotanya Jadi Jakarta Tenggara

image

PropertiNews.id, Tangerang – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi tidak menyetujui kajian masuknya Kota Bekasi dalam Provinsi Bogor Raya, namun lebih memilih bergabung menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta, yang selanjutnya disebut wilayah Jakarta Tenggara.

Rahmat Effendi yang akrab disapa Pepen itu menyatakan ada berapa kesamaan antara kota Bekasi dan Jakarta. Selain dari sisi historis, kota Bekasi memiliki kultur yang mirip dengan Jakarta.

“Kenapa ke Jakarta, karena dari sejarah berdirinya dan budaya, kemudian bahasa juga sama persis dengan Jakarta. Polisi nya sudah ke Polda Metro, Kodimnya juga ke Kodam Jaya. Dulu itu Jatinegara sampai ke (Bekasi) selatan. Nah katanya ada DKI Jakarta Tenggara, whatever lah mau jadi DKI Jakarta Tenggara. Pada prinsipnya disini ada Kepala Daerah, adan DPRD”. Kata Pepen.

Walikota Bekasi itu juga menambahkan bahwa sebagian besar warga setuju kalau Kota Bekasi bergabung dengan Jakarta bukan ke Bogor Raya.

Baca Juga : Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan Terungkap

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara perihal Bekasi yang ingin masuk menjadi Jakarta Tenggara. Anies mengaku menghargai dan menghormati adanya aspirasi yang disampaikan Walikota Bekasi. Namun kewenangan itu bukan berada di DKI Jakarta.

“Kita adalah negara kesatuan. Pembagian wilayah adalah wewenang pemerintah pusat. Jadi secara prinsip, Pemprov DKI harus mentaati keputusan dari pemerintah pusat” Kata Anies.

Anies juga menambahkan, secara ekonomi kawasan Jakarta dan sekitarnya sudah terintegrasi. Hanya saja secara administrasi pemerintahan yang mengalami perbedaan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo