500 Perencana Kota di Dunia Akan Bahas Ibu Kota Baru Indonesia

image

PropertiNews.id, Tangerang – Rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan ternyata cukup menarik perhatian banyak pihak, terutama para pakar atau perencana kota di seluruh dunia. Bahkan rencananya, sekitar 500 pakar dan perencana kota dunia dari 44 negara  dan sekitar 30 Walikota akan hadir untuk mengikuti Kongres Perencanaan Kota Sedunia (ISOCARP) ke- 55.

Kongres Perencanaan Kota Sedunia (ISOCARP) ke-55 akan digelar di Jakarta dan Bogor pada 9 – 13 September 2019. Para peserta nantinta akan membahas mengenai tantangan masa depan Indonesia dan dunia, termasuk perencanaan pembangunan ibu kota baru.

Ini adalah pertama kalinya ISOCARP digelar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Tentu saja, sebagai sebuah kebanggaan, Presiden Joko Widodo akan dipastikan hadir untuk membuka kongres tersebut.

“Kita berhasil membawa Kongres Perencana Sedunia ini pertama kali ke Asia Tenggara. Kongres ini adalah manifestasi pentingnya posisi Indonesia dalam isu urbanisasi dan para perencana maupun pemerintah Indonesia dapat belajar dan bertukar pikiran tentang pemecahan masalah perkotaan kita” kata Chairman Local Committee ISOCARP dan Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, Bernardus Djonoputro.

Bernadus juga menambahkan, kongres ini menjadi forum yang relevan untuk menyampaikan bahwa perencanaan penting dalam pembangunan khususnya yang terkait dengan pembangunan perkotaan dan sumber daya manusia. Apalagi kota merupakan pusat pendidikan dan pengembangan keilmuan dan teknologi.

Baca Juga : Pemerintah Terus Kejar Pengerjaan Ruas Tol Cisumdawu

Hal lain yang dibicarakan dalam kongres ini adalah terkait persoalan tata ruang yang saat ini sudah mengalami tumpang tindih. Kondisi itu bisa berdampak pada konflik berkepanjangan di kemudian hari, sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah agar persoalan pembangunan ruang kota tidak menghambat pertumbuuhan ekonomi, investasi, dan percepatan pembangunan infrastruktur. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo