Ridwan Kamil Berencana Memindahkan Ibu Kota Jawa Barat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana untuk memindahkan ibu kota Jawa Barat (Jabar) dari Bandung. Rencana pemindahan ibu kota tersebut juga telah mendapatkan persetujuan dari DPRD Jabar untuk dilakukan kajian. Hal itu berdasarkan paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

Ridwan Kamil mengatakan, alasan utama nya untuk memindahkan ibu kota Jabar dari Bandung adalah karena sudah tidak cocok lagi menjadi pusat pemerintah.

“Pada dasarnya secara fisik, kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah), dan tidak produktif” kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Kang Emil mengatakan, kajian pemindahan ibu kota Jabar akan dilaksanakan dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Kajian itu meliputi aksesibilitas hingga ketersediaan air.

Baca Juga : Kualitas Rumah Bagi MBR Dikeluhkan, PUPR Akan Revisi Aturan

Sejauh ini sudah ada opsi daerah yang dipertimbangkan untuk menggantikan Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat. Yaitu, Tegalluar (Kabupaten Bandung), Walini (Kabupaten Bandung Barat), dan Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka).

Tiga wilayah tersebut dalam beberapa tahun kedepan memang akan menjadi pusat pengembangan ekonomi baru. Ada sejumlah proyek pembangunan infrastruktur besar.

Sebut saja wilayah Tegalluar (Kabupaten Bandung) dan Walini (Kabupaten Bandung Barat) yang akan dilalui kereta cepat Jakarta-Bandung. Keberadaan kereta cepat akan berdampak terhadap ekonomi dan pembangunan di sekitarnya.
Selain itu, Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka) juga diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Khususnya di Subang, akan dibangun Pelabuhan Patimban. Keberadaan pelabuhan ini akan berdampak terhadap ekonomi sekitar. Meski begitu, RK masih membuka opsi daerah lainnya sebagai calon ibu kota baru menggantikan Bandung.

Baca Juga : Rusuh di Jayapura : Gedung Dibakar, Telkom Indonesia Amankan Aset dan Layanan

Kang Emil juga menambahkan, wacana pemindahan ibu kota Jabar ini muncul ketika ia menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII awal pekan lalu. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo