Menkominfo Kejar Pembangunan Infrastruktur ICT

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berkomitmen untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) untuk mengejar ketertinggalan peringkat ICT Indonesia di tingkat ASEAN.

Rudiantara mengatakan peringkat infrastruktur ICT Indonesia saat ini menempati urutan ke empat setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Setelah Indonesia, disusul Vietnam dan Philipina.

“Kita kurang banyak membangun (infrastruktur ICT) sebelum-sebelumnya. Nah ini harus dipercepat, lebih banyak lagi sehingga kesenjangan infrastrukturnya dari sisi teknologi dan digitalnya akan menyempit” kata Rudiantara.

Baca Juga : Jokowi Akan Jual Lahan Calon Ibu Kota Baru Ke Masyarakat

Rudiantara juga mengatakan, untuk menutup kesenjangan infrastruktur telekomunikasi sekaligus mendukung perluasan akses digital Indonesia, pemerintah mengebut proyek pembangunan infrastruktur kabel optik Palapa Ring di bagian barat, tengah, dan timur Indonesia.

Perluasan akses digital, kata dia, juga diperlukan seiring peningkatan masyarakat kelas menengah (consuming class) di Indonesia yang dalam waktu bersamaan akan berdampak bertambahnya lapangan pekerjaan baru di bidang digital.

Sementara, Direktur Eksekutid Information and Communication Technology (ICT) Institute Heru Sutadi mengatakan, sharing infrastruktur telekomunikasi merupakan konsep yang bagus dan telah diterapkan secara internasional.

Sepanjang persaingan sehat dalam hal harga, kualitas layanan dan ketersediaan tetap dijaga, maka tidak akan menyalahi aturan persaingan usaha dalam sharing infrastruktur. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo