Pemerintah Terus Kejar Pengerjaan Ruas Tol Cisumdawu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pengerjaan proyek tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat. Tol ini nantinya akan mempermudah dan mempercepat masyarakat menuju Bandara Kertajati di Majalengka. Selain itu, kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kawasan yang dilintasinya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan pihaknya menargekan Seksi 1 – 3 Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 33 km dapat dilalui fungsional pada arus mudik tahun 2020. Untuk penyelesaian konstruksi keseluruhan sepanjang 61,5 km, ditargetkan rampung pada akhir tahun 2020.

“Kami optimis akhir tahun 2020, tol Cisumdawu bisa rampung. Untuk arus mudik 2020, Seksi 1-3 diharapkan sudah bisa dilalui fungsional yakni sampai Sumedang. Pada lebaran tahun 2019 ini sebenarnya juga sudah kita buka, namun hanya sampai terowongan di Rancakalong” kata Danang.

Baca Juga : Menkominfo Kejar Pembangunan Infrastruktur ICT

Danang juga meyakini ruas jalan tol Cisumdawu akan menjadi salah satu jalan tol yang secara kontur dan secara visual terindah di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan para insinyur untuk bekerja di kondisi medan yang tidak mudah.

Di atas terowongan nantinya akan ditambah ornamen berupa tumbuh-tumbuhan. Hal itu diharapkan bisa menambah indah lansekap tol Cisumdawu. Terowongan di tol Cisumdawu diklaim sebagai terowongan tol terpanjang di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Selain itu, pembangunan tol Cisumdawu dibangun di atas daerah yang tidak mudah dilintasi.

Pembangunan jalan tol Cisumdawu ini dikerjakan bersama oleh Pemerintah dan Badan Usaha. Pemerintah memberikan dukungan secara konstruksi Seksi 1 & 2 sepanjang 29 km untuk meningkatkan kelayakan investasi. Sementara pendanaan untuk porsi Pemerintah menggunakan dana APBN rupiah murni dan pinjaman Pemerintah Tiongkok. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo