Kementrian PUPR Berencana Tambah Alokasi Subsidi KPR

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana untuk menambah alokasi subsidi KPR (Kredit Pemilikan Rumah ) sebagai bagian dari upaya mempercepat pembangunan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Alokasi tambahan subsidi bakal diberikan ke PT Bank Tabungan Negara (BTN) yang fokus menggarap KPR.

Guna mempercepat penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembangunan Perumahan (FLPP), Kementerian PUPR menambah kuota subsidi untuk pemberian rumah MBR sekitar 2.467 unit.

Lewat tambahan kuota FLPP, BTN berharap KPR perseroan akan tumbuh lebih baik. Potensi perncairan KPR Subsidi pada semester II diperkirakan akan mencapai 28.000 unit. Sementara untuk KPR Non Subsidi, potensi bisa terealisasi sekitar 16.000 unit.

“Kami mengapresiasi langkah Kementerian PUPR yang memberikan kepercayaan kepada Bank BTN menggunakan kuota FLPP untuk mempercepat pencapaian program Sejuta Rumah” kata Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank BTN, Oni Febriarto Raharjo.

Per Juli 2019, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan perumahan untuk Program Sejuta Rumah sebanyak 503.974 unit dengan nilai kredit sebesar Rp 43,64 triliun. Dengan rincian untuk KPR sebanyak 135.893 unit dan dukungan kredit konstruksi belum KPR 368.081 unit.

Khusus untuk segmen subsidi, BTN telah menyalurkan pembiayaan perumahan sebanyak 111.823 unit dalam bentuk KPR Subsidi dan sebanyak 251.550 unit untuk dukungan kredit konstruksi belum KPR.

Baca Juga : Kualitas Rumah Bagi MBR Dikeluhkan, PUPR Akan Revisi Aturan

Untuk mencapai target 2019, BTN juga telah memperbaiki performa bisnisnya khususnya dalam pencapaian kredit dan Dana Pihak Ketiga. Berdasarkan catatan Perseroan, per Juli 2019 kredit dan pembiayaan BTN tumbuh 18,03 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun per Juli 2019, BTN telah menyalurkan kredit sebesar Rp 251,98 triliun lebih tinggi dibandingkan Juli 2018 sebesar Rp 213,50 triliun. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo