Kementrian PUPR Bangun Proyek Bendungan Sidan di Bali

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun bendungan Sidan di Kabupaten Badung, Bali. Pembangunan ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan air baku di Pulau Dewata yang menjadi destinasi wisata dunia. Bendungan ini ditargetkan selesai pada 2022.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Bendungan Sidan merupakan salah satu dari 65 bendungan yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk dibangun pada periode 2015-2019.

“Bendungan Sidan ini akan menjadi sumber air baku bagi Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Ini pun dalam proyeksi kami masih kurang untuk memenuhi kebutuhan air baku Bali ke depan. Kami rencanakan untuk membangun beberapa bendungan lagi” kata Basuki.

Baca Juga : Pembangunan Bandara di Kediri Terkendala Pembebasan Lahan

Bendungan Sidan merupakan bendungan tipe zonel dengan inti tegak yang memiliki panjang puncak 158 meter serta lebar puncak 8,5 meter. Sumber airnya yang ada di waduk ini berasal dari Sungai Ayung. Nantinya bendungan ini akan memiliki kapasitas daya tampung sebesar 3,8 juta kubik, yang nantinya akan berfungsi mengalihkan ke bendungan-bendungan kecil yang ada di sekitar sehingga airrnya bisa dimanfaatkan masyarakat.

Secara fasilitas, Bendungan Sidan akan dilengkapi dengan terowongan pengelak sepanjang 555 meter dengan diameter 5 meter yang berfungsi untuk pengendali banjir dari debit masuk sebesar 405,09 meter per detik menjadi 138,20 meter per detik debit keluar.

Baca Juga : Di Surabaya Kawasan Kumuh Tersisa 43,46 Hektar

Bendungan ini dibiayai menggunakan APBN dengan skema tahun kontrak jamak 2018-2021 senilai Rp.800 miliar dengan dikerjakan oleh Konsorium PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Universal Suryaprima. Hingga hari ini, realisasi pengerjaan proyek ini sudah mencapai 3% berupa pengerjaan jalan akses, terowongan pengelak dan intake. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo