Suku Bunga KPR Naik, Volume Penjualan Rumah Turun

image

PropertiNews.id, Tangerang – Beberapa bulan belakangan, beberapa bank besar dalam negeri meningkatkan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ditengah menurunnya suku bunga Bank Indonesia (BI).

Bank Indonesia dalam survei Indeks Harga Properti Residensial kuartal II 2019 mencatatkan adanya pelambatan kenaikan harga properti residensial (IHPR) di pasar primer dan penurunan volume penjualan rumah.

VP Economist PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede mengatakan, tren perlambatan penjualan properti ini terindikasi dari perlambatan penyaluran kredit perbankan.

“Tren perlambatan penyaluran kredit properti terlihat pada juli 2019 dimana Kredit Pemilikan Rumah tapak tumbuh 11,8 persen yoy, melambat dari 13,3 persen yoy pada akhir tahun 2018” kata Josua.

Baca Juga : Kredit Pemilikan Rumah Berbasis Komunitas Siap Dikembangkan ke 15 Daerah

Pada survei yang dilakukan Bank Indonesia, dijelaskan IHPR pada kuartal II 2019 melambat dari 0,49 persen menjadi 0,2 persen dan secara tahunan melambat 2,04 persen menjadi 1,47 persen. Perlambatan tersebut terjadi di semua tipe rumah.

Kenaikan bunga KPR ini juga berdampak pada nasabah bank. Nasabah mengeluhkan bahwa mereka mendapatkan pemberitahuan secara tiba-tiba oleh pihak Bank bahwa suku bunga KPRnya naik. Ada yang dari 13,4 persen menjadi 14 persen, ada pula yang besaran tagihannya dari 3,3 juta menjadi 3,5 juta.

Disisi lain, Direktur Konsumer BTN, Budi Satria menyangkal naiknya suku bunga KPR ketika suku bunga BI turun.

“Setelah  bunga BI turun, kita belum pernah menurunkan bunga KPR. Sepanjang 2019, BTN baru menaikkan buka KPR sebesar 25 bos, itupun sebelum BI memutuskan untuk menurunkan suku bunganya” ujar Budi.

Baca Juga : Ridwan Kamil Kritik Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Harga properti residensial pada kuartal III 2019 ini diperkirakan masih akan mengalami kenaikan sebesar 1,76 persen. Adapun penjualan properti di kuartal II 2019 ini merosot sebesar 15,9 persen secara kuartalan, jauh lebih rendah dari pertumbuhan kuartal sebelumnya yang mencapai 23,77 persen. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo