Menkeu Tambah Anggaran Rumah Murah Rp1,5 Triliun untuk MBR

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk subsidi bunga dan bantuan uang muka perumahahn masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebesar Rp1,5 triliun. Anggaran tersebut merupakan salah satu intensif khusus properti dalam rangka mengantisipasi dampak buruk virus corona ke ekonomi Indonesia.

Anggaran Rp1,5 triliun merupakan stimulus yang diberikan untuk sektor perumahan. Dana itu sendiri terdiri dari Rp800 miliar untuk Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan sisanya untuk Bantuan Uang Muka sebesar Rp700 miliar.

“Rp800 miliar adalah untuk subsidi selisih bunga selama 10 tahun, di mana bunga yang dibayar oleh konsumen hanya 5%” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani memperkirakan akan ada 175 ribu unit rumah baru yang bisa dibangun. Dengan demikian, peningkatan permintaan yang dinanti-nanti oleh para pengembang dapat teratasi, juga medorong roda ekonomi.

Tambahan subsidi ini nantinya akan menciptakan permintaan untuk perumahan. Sementara bagi para pengembang, diharapkan bisa membangu lebih banyak rumah baru karena perluasan subsidi bunga.

Sementara Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida pernah memprediksi kuota rumah bagi MBR tahun 2020 yang akan habis pada April 2020. Oleh sebab itu, para pengusaha hanya memperoleh kuota sebanyak 97.700 unit atau setara dengan Rp11 triliun dari kebutuhan 260 ribu unit setara Rp29 triliun.

Baca Juga : Komisi V DPR RI Gelar Rapat Terkait Banjir Jabodetabek, Ketiga Kepala Provinsi Tak Hadir 

Anggaran itu sudah terpotong untuk memenuhi kekurangan kuota rumah subsidi di tahun 2019 sebanyak Rp2 triliun. Alhasil, pengusaha hanya punya Rp9 triliun saat mulai di Januari 2020 atau setara dengan 86 ribu unit rumah. Kuota yang tersesdia semakin menipis sebagai imbas kekurangan 2019.

Selain itu, penambahan subsidi ini juga sebagai stimulus belanja pemerintah untuk mendorong perekonomian tahun ini. Meskipun ada optimisme untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, sejumlah tantangan seperti virus corona menyebabkan ketidakpastian. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo