Menteri PUPR Targetkan Pembangunan Kampus UIII Bisa Selesai pada Akhir 2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) bisa selesai pada akhir 2020 ini.

Kampus yang berdiri di atas lahan seluas 142, 5 hektar ini, dibangun dengan mengutamakan hijau alam. Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Kampus UIII ini sebagian sudah selesai, tahap demi tahap sesuai dengan rencana.

“Insya Allah ini akan menjadi kampus yang indah, hijau, dan terdapat beberapa danau untuk menampung air” kata Kalla.

Menurut dia, kampus ini akan memanfaatkan lebih dari 20 persen lahan dari total luas komplek, untuk bangunan gedung. Selebihnya 80% akan dipertahankan sebagai ruang terbuka hijau, berupa taman.

Kampus UIII ini rencananya akan mulai beroperasi untuk perkuliahan pada September 2020 mendatang. Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor UIII, Komaruddin Hidayat.

“Sebagian proses pembangunan sudah selesai. Kita rencanakan akan mulai perkuliahan di September 2020. Kita akan mulai semacam kuliah matrikulasi, atau short course” kata Komaruddin.

Komaruddin menambahkan, Kampus UIII akan menerima mahasiswa pasca sarjana dari dalam dan luar negeri, dengan komposisi 50 persen dari dalam, dan 50 persen dari luar negeri.

Baca Juga : Angkasa Pura II akan Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta

Saat ini beberapa fasilitas yang telah dibangun antara lain, asrama mahasiswa, infrastruktur jalan dan drainase, serta gedung rektorat dan gedung fakultas tipe A. Sementara untuk pembangunan Masjid Kampus dan Perpustakaan, baru mulai dibangun.

“Pembangunan dilaksanakan dalam 2 tahap dengan biaya Rp1,2 triliun. Tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp714 miliar yang terdiri dari 3 paket pekerjaan” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Paket 1 dengan biaya Rp362 miliar meliputi Gedung Rektorat, Gedung Fakultas A dan Plaza 3 Pilar yang progresnya saat ini mencapai 9,6%. Pelaksana pekerjaan adalah PT Waskita Karya sebagai kontraktor dan PT Virama Karya sebagai konsulan manajemen.

Paket 2 dengan biaya Rp168 miliar meliputi dari 5 unit Rumah Dosen, 1 Tower Asrama Mahasiswa (pria), Rehabilitasi Bangunan dan Mechanical, Electrical, dan Plumbing (MEB) yang progres mencapai 86%. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo