Minat Hunian Kawasan di Jawa Barat Mengalami Peningkatan Tinggi

image

Propertinews.id, Tangerang Hunian yang terletak di kawasan pinggiran Jakarta saat ini masih banyak dicari oleh masyarakat, terlebih di kawasan Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat bahkan mencatat peningkatan pasokan propeti residensial tertinggi selama Kuartal III/2020 yakni 12,2 persen menjadi 140,9%.

Dengan pencapaian ini, Jawa Barat berhasil unggul dibandingkan pusat kota DKI Jakarta dan kawasan pinggiran lainnya, seperti Banten yang masih-masing menunjukkan kenaikan 11% dengan indeks 144,5 dan kenaikan 5,2% dengan indeks 140,1. Suplai properti residensial pada Kuartal III/2020 ini mengalami kenaikan 8,9 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Bahkan suplai properti pada paruh ketiga tahun ini naik drastis hingga 24,9 persen secara tahunan (year on year).

Sedangkan kawasan-kawasan di lokasi alternatif terutama di sekitar Tangerang dan Bekasi masih memiliki peluang pertumbuhan RIPMI yang besar pada kuartal berikutnya.

“Ini tak lepas dari pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi yang terus berjalan. Kawasan-kawasan yang sebelumnya tidak terlalu diminati akan terlihat lebih menarik karena lebih mudah diakses” jelas Country Manager Rumah.com, Marine Novita dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: 2021, Pengembang Optimis Sektor Properti Bisa Tumbuh Hingga 30%

Karena itu pula minat konsumen terhadap properti masih akan sangat bersifat value for money. Konsumen tidak akan keberatan mengalihkan pencarian properti di lokasi alternatif seperti Tangerang, Bekasi dan kawasan lainnya dengan harga yang lebih terjangkau.

Tidak hanya mengalami kenaikan suplai, indeks harga properti pada kuartal III tahun ini juga mengalami kenaikan 0,5% dengan perolehan angka 111,2. Kenaikan indeks harga properti ini didorong oleh sektor rumah tapak (landed house).

Harga rumah tapak pun diketahui mengalami peningkatan sebesar 1% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dengan perolehan angka 116,1. Selain itu, angka indek-indeks ini mengalami peningkatan 1,13% secara tahunan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo