Pelaku Usaha Properti akan Ajukan Restrukturisasi Kredit Akibat Pandemi COVID-19

image

PropertiNews.id, Tangerang – Akibat penyebaran COVID-19, Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan kebijakan countercyclical yang berisikan pemberian stimulus perekonomian untuk menjaga kestabilan keuangan, namun tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. Hal itu dilakukan berdasarkan usulan dari para pengemban properti.

Dengan telah dikeluarkannya stimulus melalui peraturan OJK Nomor 11/POJK.03/2020 tersebut, Real Estat Indonesia (REI) meminta perbankan mempercepat realiasi peraturan OJK tersebut.

“Kami berharap perbankan segera merealisasikannya bulan April ini. Jangan ditunda-tunda, kalau ditunda kami khawatir banyak pengembang yang berhenti berproduksi. Jika kami berhenti, yang rugi juga perbankan”, kata Ketua Umum DPP REI, Paulus Totok Lusida.

Paulus juga menambahkan, aktivitas pembangunan perumahan baik yang berskala rumah bersubsidi maupun properti komersial akan sangat berdampak secara langsung maupun tidak langsung dengan adanya pandemi ini. Oleh karena itu, penerapan peraturan OJK harus segera dilaksanakan.

Saat ini adalah momen yang tepat bagi perbankan dan pengembang untuk bersama-sama bekerja mengembalikan sektor properti seperti sebelum krisis corona. Pada gilirannya, pengembang daerah baik yang membangun rumah komersial maupun subsidi sudah tidak mampu lagi beroperasi. Sehingga, banyak pengembang yang bersiap melakukan pemutusan hubungan kerja dengan karyawannya. Namun, mereka saat ini masih berusaha bertahan.

Baca Juga : PHRI : Ribuan Hotel di Indonesia Tutup Karena Pandemi COVID-19

Adapun kebijakan stimulus yang dikeluarkan berupa penilaian kualitas kredit/pembiayaan hanya berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan/atau bunga untuk kredit sampai dengan Rp10 milar.

Juga terkait restrukturisasi dengan peningkatan kualitas kredit/pembiayaan menjadi lancar setelag direstrukturisasi. Ketentuan restrukturisasi itu dapat diterapkan bank tanpa batasan plafon kredit. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo