Pembangunan Perumahan Berkonsep TOD Didukung oleh Kementerian PUPR

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pembangunan perumahan berkonsep Transit Oriented Development (TOD) di sejumlah daerah di Jabodetabek. Selain untuk mengoptimalkan penggunaan lahan, TOD juga mampu meningkatkan penghematan energi serta mengintegrasi hunian masyarakat dengan sarana transportasi. Adapun kawasan tersebut berada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek), seiring dengan semakin terbatasnya lahan di wilayah perkotaan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, selain untuk mengoptimalkan penggunaan lahan, TOD juga mampu meningkatkan penghematan energi serta mengintegrasikan hunian masyarakat dengan sarana transportasi.

“Kami akan terus mendorong pola pembangunan perumahan dengan berkonsep TOD di kawasan perkotaan” kata Khalawi.

Khalawi juga menambahkan, setidaknya ada empat manfaat dari implementasi pembangunan hunian terintegrasi tersebut. Pertama adalah mendorong pembanggunan perumahan yang layak huni dan memiliki aksebilitas yang baik sekaligus menyediakan jarinagn transportasi umum yang terjangkau.

Kedua adalah optimalisasi penggunaan lahan. Pembangunan TOD secara vertikal juga bisa dilaksanakan di lokasi lahan yang sempit namun berpusat pada simpul jaringan transportasi. Sedangkan yang ketiga adalah mendorong penghematan energi.

Baca Juga: Diminati Masyarakat, Pameran Indonesia Properti Virtual Expo Diperpanjang Hingga 15 Oktober 

Menurut Khalawi, pembangunan TOD merupakan salah satu amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman khususnya di Pasal 6 yang menyatakan pembangunan rumah umum harus mempunyai akses menuju pusat pelayanan atau tempat kerja.

Beberapa TOD kini sudah dibangun tidak jauh dari stasiun kereta api maupun Commuter Line seperti Stasiun Pasar Senen, Pondok Cina, Depok Baru, Jatijajar, Citayam dan Cinere. Sedangkan TOD yang terintegrasi dengan terminal berada di sekitar terminal Poris Plawad Tangerang, Baranangsiang Bogor, Jatijajar Depok dan Pondok Cabe Tangerang Selatan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo