Pembebasan Lahan Menjadi Salah Satu Kendala Molornya 12 Proyek Strategis Nasional

image

PropertiNews.id, Tangerang – Hingga saat ini, terdapat 12 proyek strategis nasional (PSN) yang molor target penyelesaiannya. Salah satu penyebabnya adalah terkendala pembebasan lahan. Hal ini disampaikan langsung oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Sedikitnya ada lima PSN yang sebelumnya ditargetkan selesai pada akhir 2019, tetapi diperkirakan akan mundur ke kuartal I tahun 2020. Kelima proyek itu adalah jalan tol Pandaan-Malang (37,62 kilometer), Pelabuhan KEK Maloy, Konstruksi Tangki Penyimpanan BBM, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, dan Kawasan Industri Wilmar Serang.

Ketua KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, sampai dengan Desember 2019, terdapat 189 isu yang dilapokan penyediaan 223 proyek dan 3 program. Dari total isu yang dilaporkan, sebanyak 26 persen di antaranya merupakan isu perencanaan dan penyiapan. Kemudian, isu pembebasan lahan sebesar 31 persen, isu pendanaan 13 persen, isu pelaksanaan konstruksi 17 persen, dan isu perizinan sebanyak 13 persen.

“Kendala yang dihadapi biasanya dalam masalah penyiapan rencana pembebasan lahan dari kementerian terkait yang membutuhkan lahan tersebut dan kapasitas dari rekan-rakan di kantor BPN setempat mengingat banyaknya program-program pertanahan yang juga jadi tanggung jawab mereka dalam penyediaan lahan seperti adanya PTSL, program reforma agraria lainnya” kata Wahyu.

Adapun pada tahun ini KPPIP menargetkan ada 52 PSN dengan nilai investasi Rp334 triliun yang akan selesai pengerjaannya. Dari total tersebut, 12 di antaranya akan beroperasi sebagian, 32 konstruksi akan selesai, dan 8 konstruksi akan beroperasi.

Baca Juga : RUU Cipta Kerja : Ini Dia Aturan Bangunan dan Tata Ruang yang Dihapus

Adapun proyek yang ditargetkan selesai pengerjaannya pada tahun 2020 ini adalah proyek kereta, pelabuhan, bendungan, irigasi, tanggul laut, jalan, bandar udara, air bersih dan sanitasi, energi, serta kawasan. Keseluruhan proyek tersebut sudah dalam status tahap konstruksi per Desember 2019.

KPPIP juga mendorong penyelesaian seluruh PSN hingga 2024 dengan melakukan upaya monitoring dan evaluasi secara menyeluruh ke seluruh proyek strategis nasional. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo