Pemerintah Alokasikan Rp167,5 Miliar untuk Sarana Hunian di Danau Toba

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk mendorong kunjungan wisatawan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Utara mengalokasikan anggaran senilai Rp167,5 miliar untuk pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Program Sarhunta ini dilaksanakan dengan meningkatkan kualitas rumah masyarakat di sepanjang koridor tempat pariwisata, sekaligus menjadi homestay bagi wisatawan yang berkunjung dan ingin menikmati keramahan warga.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, penataan koridor dan homestay ini diharapkan mampu menciptakan penataan ruang dan kebutuhan publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya setempat.

“Sarhunta merupakan upaya yang tepat untuk pembangunan tempat-tempat wisata di Indonesia. Sehingga dapat mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal” kata Khalawi.

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Disahkan, Apa Manfaatnya di Sektor Pertanahan?

Khalawi juga menjelaskan, sebanyak 1.765 unit Sarhunta dibangun di KSPN Danau Toba dengan progres pembangunan telah mencapai 40 persen. Rinciannya yakni 607 unit dibangun di sepanjang koridor KSPN Danau Toba dan 1.158 unit tersebar di enam kabupaten di Sumatera Utara yakni Toba, Samosir, Simalungn, Humbang, Tabut, dan Pairi.

Selain infrastruktur jalan, sarana air bersih dan juga yang terpenting dalam kawasan adalah mengubah wajah rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi layak huni dan juga menjadi tempat tinggal yang layak dapat juga menjadi tempat usaha seperti rumah sewa atau homestay.

Kawasan pariwisata Danau Toba mulai menggeliat di era new normal ini. Hal ini ditandai dengan peningkatan okupansi hotel hingga mencapai 100 persen, khususnya pada akhir pekan. Indikasi lainnya adalah meningkatnya jumlah penyeberangan menuju Samosir sebagai salah satu destinasi favorit di kawasan Danau Toba. 

Menyikapi tren positif tersebut, pemerintah terus berupaya untuk mempercepat kesiapan seluruh destinasi dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru. Antara lain, penyusunan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan atau CHSE dan simulasi protokol CHSE. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo