Perkembangan Harga Properti Residensial di Denpasar Naik

image

PropertiNews.id, Tangerang – Meski Indonesia masih berada di tengah pandemi Covid-19, ternyata harga properti di beberapa daerah tetap mengalami peningkatan. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat, berdasarkan survei yang dilakukan pada triwulan I-2020 harga properti residensial primer di Kota Denpasar masih mengalami peningkatan, terutama bersumber dari meningkatnya harga rumah dengan tipe kecil.

Perkembangan harga properti residensial di pasar primer pada triwulan I-2020 tumbuh 0,22 persen (yoy), sedangkan pada triwulan IV-2019 sebesar 0,16 persen. Dibandingkan dengan data nasional yang sebesar 1,68 persen (yoy) pada triwulan I-2020, Bali mencatat harga properti residensial primernya yang tumbuh sebesar 0,22 persen.

“Kalau di sektor pariwisata turun dalam, namun untuk di sektor properti kita masih tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19”, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho.

Baca Juga: Kucurkan Dana Rp58,2 Miliar, PUPR Bangun Sarhunta di Borobudur untuk Tingkatkan Wisatawan

Harga properti residensial primer untuk rumah dengan tipe kecil di Denpasar pada triwulan I-2020 mengalami pertumbuhan sebesar 0,6 persen (yoy), sedangkan yang tipe menengah sebesar 0,1 persen.

Tak hanya itu, kinerja penjualan properti residensial primer juga masih cukup baik yakni masih menunjukkan peningkatan dari penjualan di triwulan IV-2019, dengan peningkatan penjulan untuk tipe besar. Tercatat, metode penjualan mayoritas memanfaatkan fasilitas KPR sekitar 50 persen.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Rizki Ernadi Wimanda mengatakan, perkembangan properti pada triwulan I-2020 di Bali masih mampu tumbuh positif di tengah kontraksi yang dialami oleh Provinsi Bali. Meskipun pangsa pasar lapangan usaha properti terhadap perekonomian Bali masih rendah yakni 4,1 persen terhadap PDRB Provinsi Bali. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo