Progres Capai 20,49%, PUPR Targetkan Tol Padang – Sicincin Rampung Desember 2021

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini terus mengejar pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Padang – Sicincin, dengan panjang 30,4 km. Saat ini pengerjaan sudah mencapai 20,49% dan ditargetkan rampung serta bisa beroperasi pada Desember 2021 mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya dibidang pertanian, industri, dan pariwisata.

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas” kata Basuki.

Basuki juga menambahkan, cepat lambatnya pembangunan jalan tol ini tergantung pada tahapan pembebeasan lahan berupa ganti untung pembebasan lahan. Konstruksi bisa lebih cepat bila lahan tersedia, denagn begitu program kerja bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan tol Padang – Sicincin ini dimulai pada Februari 2018 lalu. Tol ini juga akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Riau dan Sumarera Barat. Sebab, tol Padang – Sicincin termasuk satu dari enam seksi Jalan Tol Pekanbaru – Padang.

Seperti diketahui, Jalan Tol Pekanbaru – Padang memiliki total panjang 254 km dan terbagi menjadi enam seksi yakni Seksi I Padang – Sicincin, Seksi II Sicincin – Bukittinggi, Seksi III Bukittinggi – Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh – Pangkalan, Seksi V Pangkalan – Bangkinang, dan Seksi VI Bangkinang – Pekanbaru. Secara keseluruhan, Jalan tol Pekanbaru – Padang ini ditargetkan dapat selesai dan beroperasi pada 2025 mendatang.

Baca Juga : 4.500 Unit Rumah Tak Layak Huni di Jambi Dapat Bantuan Bedah Rumah dari PUPR

Adapun pembangunan jalan tol Pekanbaru – Padang ini dilaksanakan oleh PT Hutama Karya dengan nilai investasi Rp78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada 11 Oktober 2017. Dengan hadirnya jalan tol Pekanbaru – Padang ini diharapkan bisa memangkas waktu tempuh yang semula 9 jam menjadi 3 – 4 jam. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo