Progres Pengerjaan Capai 57,85 Persen, 5 KSPN Ditargetkan Rampung 2021

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini terus melakukan pengerjaan infrastruktur di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas. Adapun proyek yang ditargetkan selesai pada tahun 2021 mendatang ini, pengerjaannya hingga pertengahan November telah mencapai 57,85 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, serapan anggaran untuk mencapai pembangunan tahap I KSPN mencapai Rp2,64 triliun atau 69,36 persen dari total anggarap Rp3,81 triliun.

Rinciannya adalah pembangunan KSPN di Danau Toba senilai Rp1,25 triliun, sudah terserap Rp934 miliar atau 74 persen. Kemudian KSPN Borobudur terserap Rp718 miliar atau 72 persen dari total anggaran Rp991 miliar.

Selanjutnya, KSPN Mandalika dengan realisasi Rp226 miliar atau 65 persen dari yang dianggarkan senilai Rp347miliar. Kemudian KSPN Labuan Bajo dengan total anggaran Rp863 mliar telah terserap Rp519 miliar atau 60 persen.

Menteri Basuki juga menambahkan, pembangunan infrastruktur di KSPN Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi wisata unggulan diantaranya pembangunan Jalan Lingkar Samosir, peleburan alur Tano Ponggol dan Jembatan Tano Ponggol, revitaslisasi Danau Toba, instalasi pengolahan air, sanitasi, penataan kawasan tepi Danau Toba, dan peningkatan kualitas rumah swadaya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk pondok wisata (homestay).

Baca Juga: Dukung Industri Konstruksi, BCI Asia Luncurkan Dua Aplikasi Ini

Sementara pada KSPN Mandalika, diantaranya meliputi konektivitas, pengendali banjir, serta sarana dan prasarana penunjang pariwisata.

Di KSPN Labuan Bajo, PUPR saat ini tengah menyelesaikan peningkatan jalan, penataan trotoar, dan drainase Jalan Soekarno-Hatta bawah dengan biaya Rp42,79 miliar dimana progresnya saat ini sebesar 70,69 persen.

Berikutnya, untuk penataan KSPN Borobudur, Basuki mengatakan secara umum progresnya bagus. salah satunya adalah bantuan rumah swadaya masyarakat untuk digunakan sebagai pondok wisata yang ditargetkan selesai pada Desember 2020 mendatang. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo