PT KAI dan MRT Jakarta Patungan Bangun Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi mendirikan perusahaan patungan bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

Perusahaan ini fokus pada pengembangan kawasan berorientasi transit di wilayah Jabodetabek. Perusahaan patungan tersebut juga akan mengelola 72 stasiun termasuk kereta api, bandara dan commuter line.

Pembentukan perusahaan patungan itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT KAI dan PT MRT Jakarta di Kantor Kementerian BUMN.

Direktur Utama PT MRT William Sabandar belum ingin mengungkapkan berapa nilai investasi. Namun,dia mengungkap kepemilikan saham mayoritas ada di MRT sebesar 51 persen dan PT KAI 49 persen.

“Perjanjian ini sebagai langkah konkret pasca penandatanganan Head of Agreement (HOA) yang telah dilakukan sebelumnya pada Senin, 06 Desember 2019” kata William.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya yang turut hadir dalam acara penandatanganan tersebut berharap, integrasi antara transportasi darat dan kereta api bisa segera terealisasi dengan adanya pembentukan perusahaan patungan itu.

“Saya berharap agar kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat” jelasnya.

Baca Juga : Kemenhub akan Revitalisasi Terminal Amplas dengan Target Satu Tahun Selesai

Perusahaan patungan ini juga akan membuat sistem kartu perjalanan yang mengintegrasikan KRL, MRT, LRT, dan Transjakarta. Kedepannya, perusahaan patungan ini juga akan mengembangkan empat stasiun eksisting menjadi Transport Oriented Development (TOD). Empat stasiun itu diantaranya Stasiun Juanda, Stasun Tanah Abang, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Sudirman. Empat stasiun tersebut akan menghubungkan perjalanan KRL dengan moda transportasi lainnya.

Perjanjian dan pembetukan perusahaan patungan ini merupakan tindak lanjut dan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk perusahaan yang melakukan pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo