PUPR akan Lakukan Pembinaan Kepada 124 Ribu Tenaga Kerja Konstruksi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Deirektorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi akan melakukan pembinaan kepada 124.300 tenaga kerja konstruksi pada tahun 2021. Program ini akan didanai oleh pemerintah menggunakan APBN TA 2021.

Ditjen Bina Konstruksi Trisasongko Widianto dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI mengatakan, total pembinaan 124.300 tenaga kerja konstruksi pada tahun 2021 tersebut terdiri dari pelatihan vokasi sebanyak 48.000 orang dan reguler sebanyak 76.300 orang.

Untuk pelatihan vokasi sendiri, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp96,1 miliar dan bekerjasama dengan SMK, Politeknik serta perguruan tinggi. Sedangkan untuk pelatihan reguler, Kementerian PUPR akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp74,4 miliar pada tahun depan.

“Penyelenggaraan kegiatan ini akan dilakukan di 7 wilayah balai jasa konstruksi. Kami juga ingin menyampaikan sebaran rencana pelatihan di 2021, seperti yang kami laporkan tadi bahwa balai jasa konstruksi wilayah kami punya 7”, kata Trisasongko.

Baca Juga: Melalui Program BSPS, PUPR Bedah 300 Rumah Tak Layak Huni di Demak

Dalam kesempatan tersebut, Trisasongko juga meminta persetujuan anggora DPR untuk bisa memperluas cakupan pelatihan tenaga kerja konstruksi berdasarkan provinsi. Pihaknya mengalokasikan 5.300 peserta pelatihan berdasarkan provinsi. Masing-masing provinsi akan mendapatkan jatah sebanyak 100 orang.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) konstruksi yang andal dan terampil serta menjalankan visi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas SDM, Kementerian PUPR terus melakukan pembekalan kepada para pelaku jasa konstruksi.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kementerian PUPR harus menjadi bagian dari SDM yang unggul untuk mendukung Visi Indonesia Maju. Pengembangan SMD merupakan satu dari lima program prioritas pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wapres Kiai Ma’ruf Amin. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo