PUPR Pastikan Groundbreaking Ibu Kota Baru Dilakukan Oktober 2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru akan dilakukan pada semester II atau Oktober 2020.

Adapun infrastruktur yang dibangun pada tahap awal setelah groundbreaking tersebut adalah pembangunan jalan akses ke lokasi ibu kota baru, membangun bendungan dan drainase.

Untuk desain dasar (basic desain) dari ibu kota baru sendiri ditargetkan akan selesai pada bulan Mei atau Juni 2020 mendatang. Hal itu disampaikan langsung oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga.

“Jadi sebetulnya Mei-Juni itu baru selesai basic design. Kami harapkan barangkali sekitar Oktober-November akhir semester II bisa dimulai groundbreaking” kata Danis.

Desain final ini berasal dari tiga pemenang sayembara ibu kota baru beberapa waktu lalu. Ketiga desain dari pemenang ini akan dikombinasikan dan ada kemungkian untuk berubah. Namun untuk acuan dasarnya, tetap pada desain milik pemenang pertama sayembara.

Baca Juga : PUPR Tawarkan Lima Proyek Infrastruktur Senilai Rp57,18 Triliun ke Investor

Rencana periode secara keseluruhan adalah pada 2019 hingga 2021 antara lain perancangan kawasan penyusunan desain urban, 2020 hingga 2023 perencanaan teknis dan pembangunan infrastruktur PUPR, 2020 hingga 2024 sayembara dan pembangunan Istana Presiden, Wapres, Kompleks MPR/DPR/DPD dan perkantoran kementerian atau lembaga.

Danis juga mengatakan, hingga saat ini Kememterian PUPR belum mengalokasikan biaya fisik untuk pembangunan tahap awal ini. Pasalnya, proses pembiayaan baru dapat ditentukan setelah regulasi atau Undang-Undang mengenai ibu kota negara rampung. Namun, kemungkinan biaya yang dibutuhkan untuk memulai tahap pertama pembangunan IKN berkisar Rp200 miliar – Rp300 miliar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo