PUPR Tawarkan Lima Proyek Infrastruktur Senilai Rp57,18 Triliun ke Investor

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mencari investor untuk 5 proyek di bidang infrastruktur jalan. PUPR melakukan penjajakan minat pasar (market sounding) guna menawarkan kelima proyek tersebut. Adapun nilai proyek yang ditawarkan untuk digarap melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) ini adalah Rp57,18 triliun.

Kelima proyek dengan skema KPBU yang ditawarkan adalah Sistem Transaksi Tol Non-tunai Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) sepanjang 1.713 kilometer dengan nilai investasi Rp2,92 triliun, Jalan Tol Layang Cikunir-Karawaci sepanjang 40 kilometer dengan nilai investasi Rp26,15 triliun.

Lalu Preservasi Jalan Nasional Lintas Timur Sumatera di Provinsi Riau sepanjang 43 kilometer dengan biaya investasi Rp654,8 miliar, Jalan Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg sepanjang 38,6 kilometer dengan investasi sebesar Rp18,51 triliun, dan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung sepanjang 31,12 kilometer dengan nilai investasi Rp8,95 triliun.

Baca Juga : Aplikasi SAMAWA, Permudah Masyarakat Daftar Rumah Subsidi DP 0 Rupiah

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Anita Firnanti mengatakan, melalui penjajakan minat pasar, calon investor dapat mengetahui informasi menyeluruh terkait rencana pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU.

“Selain itu juga untuk menjaring masukan, tanggapan dan minat calon investor terhadap proyek yang ditawarkan Kementerian PUPR selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) atau Government Contracting Agency” kata Anita.

Anita juga menambahkan, ajang ini sangat penting dalam mendukung pengembangan infrastruktur di bidang jalan dalam rangka mengurangi biaya logistik, memperlancar mobilitas serta meningkatkan daya saing bangsa.

Market Sounding sendiri merupakan forum yang diinisiasi pemerintah untuk menyampaikan informasi menyeluruh terkait rencana pembangunan infraastruktur melalui skema KPBU kepada pasar atau calon investor. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo