Rampung, Tol Banda Aceh – Sigli Mulai Beroperasi Akhir Juni

image

PropertiNews.id, Tangerang – Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang telah rampung dikerjakan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol pertama di Aceh ini bisa dioperasikan pada akhir Juni 2020.

“Banda Aceh – Sigli juga sudah selesai tinggal peresmian saja, akhir Juni bisa dioperasikan” kata Basuki dalam video conference.

Peresmian tersebut juga dilakukan setelah PT Hutama Karya (Persero) mengantongi sertifikat layak operasi (SLO), menyusul jalan tol pertama di bumi Serambi Mekkah itu menjalani uji laik fungsi (ULF).

Tol Banda Aceh – Sigli yang masuk dalam ruas Trans Sumatera ini memiliki panjang 2.974 kilometer (km), di mana main line sepanjang 2.046 kilometer dan feeder sepanjang 928 kilometer. Saat ini sudah terbangun 646,5 kilometer dan yang beroperasi sepanjang 469 kilometer. Adapun sekitar 178 kilometer siap dioperasikan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit membenarkan, Tol Sigli – Banda Aceh saat ini sedang memasuki proses sirkuler SK Operasi Menteri PUPR.

“Akhir bulan Juni ini SK Operasi terbit. Jadi tinggal menunggu jadwal Presiden diresmikannya kapan. Kami berharap segera diresmikan” kata Danang.

Baca Juga : Tahun Depan, Proyek Pembangunan Ibu Kota Baru Masuk Tahap Konstruksi

Secara keseluruhan, progres konstruksi Jalan Tol Sigli baru mencapai 37 persen dan pembebasan lahan mencapai 66 persen. Adapun tol Banda Aceh – Sigli ini memiliki 6 seksi nantinya dengan total panjang keseluruhan 74 kilometer. Hutama Karya menargetkan keseluruhan seksi tol ini bisa rampung pada tahun 2021 mendatang.

Adapun rincian seksi tol ini adalah, Seksi 1 Padang Tiji – Seulimeum sepanjang 24,3 kilometer, Seksi 2 Seulimeum – Jantho sepannjang 7,6 kilometer, Seksi 3 Jantho – Indrapuri 16 kilometer, Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang 13,5 kilometer, Seksi 5 Blang Bintang – Kuto Baro 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam sepanjang 5 kilometer. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo