Realisasi KPR Subsidi untuk MBR Hingga Kuartal I/2020 Capai 85.000 Unit

image

PropertiNews.id, Tangerang – Realisasi kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) capai 85.000 unit hingga kuartal pertama tahun 2020 ini.

Sekretatis Jenderal DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Daniel Djumali mengatakan, rencana pembangunan rumah bersubsidi semester kedua tahun ini lebih kurang 150 ribu hingga 170 ribu unit tergantung pada relaksasi dan percepatan proses maupun aturan realisasi akad kredit pemilikan rumah bersubsidi bagi MBR.

Adapun pada tahun 2017 realisasi KPR rumah subsidi mencapai 225.000 unit, pada tahun 2018 mencapai 252.000 unit. Lalu pada 2019, realisasinya turun menjadi 165.000 unit, hal itu dikarenakan habisnya kuota KPR rumah bersubsidi bagi MBR berskema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sejak pertengahan Juli – Oktober.

β€œIni juga ditiadakannya skema subsidi selesih bunga (SSB), tetapi November 2019 Presiden menambah kurang 15.000 unit skema FLPP yang diambil dari kuota tahun 2020” kata Daniel.

Daniel juga menambahkan, pembiayaan perumahan baik subsidi bunga dalam skema FLPP dan SSB, maupun subsidi uang muka bagi skema bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT) menguntungkan dan ditujukan bagi konsumen MBR.

Baca Juga : APERSI : Saat Ini Masyarakat Berpenghasilan Rendah Masih Sulit Dapat KPR

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar MBR bisa menikmati subsidi yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan sehingga bisa mengurangi kesenjangan antara pasokan dan kebutuhan (backlog) perumahan di Indonesia.

Apabila realisasi akad KPR subsidi bisa berjalan lancar dan cepat, maka konsumen MBR bisa segera memperoleh rumah subsidi yang diinginkannya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo