Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Keluarkan Anggaran Rp114 Miliar

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan revitalisasi kawasan Monas, Jakarta Pusat. Anggaran yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI mencapai Rp114,47 miliar. Pengerjaan revitalisasi kawasan Monas yang sedang dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, harus menebang 190 pohon di kawasan selatan Monas.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Masrsudi membenarkan adanya anggaran untuk merevitalisasi kawasan Monas sekitar Rp114,47 miliar. Namun, dia menambahkan, anggaran tersebut bukan untuk penebangan pohon yang beberapa hari ramai diperbincangkan oleh publik.

“Bukannya tidak tahu, kami tahu (ada dana revitalisasi). Tapi kan di Banggar revitalisasi Monas ini kaitannya dengan pengelenggaraan Formula E, bukan untuk tebang-tebang pohon begitu. Jadi gimana pengaspalan, pengalihan sejumlah ruas jalan untuk jalan yang akan menjadi trek” kata Prasetio.

Dalam rancangan revitalisasi Monas, Pemprov DKI akan membangun lapangan plaza sebagai wadah ekspresi warga di setiap sisi Monas, baik di wilayah selatan, timur, maupun barat. Pemprov DKI juga akan membangun kolam yang dapat merefleksikan bayangan Tugu Monas.

Prasetio menambahkan bahwa revitalisasi di kawasan Monas tidak bisa dilakukan dengan gampang. Monas adalah salah satu kawasan yang dilindungi sehingga perlu adanya satu tinjauan khusus sebelum melakukan penebangan.

Ia juga sangat menyayangkan karena pohon-pohon di Monas harus ditebang, karena pohon-pohon tersebut sudah tumbuh besar. Butuh puluhan tahun untuk Jakarta memiliki pohon seperti itu lagi. Karena itu, menurut dia cukup aneh, disaat dunia sedang berlomba-lompa melakukan penghijauan, ini malah melakukan penebangan.

Baca Juga : Banjir Jakarta di Awal Tahun 2020 Tekan Harga Properti

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta, Heru Hermawanto belum bisa menjelaskan secara pasti konsep revitalisasi Monas. Ia hanya memastikan pohon tersebut dirapikan. Kawasan tempat pohon ini sebelumnya ialah kawasan parkit IRTI Monas.

Ia memastikan dengan dilakukannya pengaturan pohon kembali, dapat merapikan kawasan parkir tersebut dengan pohon yang tersedia. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo