Riset HFC Bank BTN: Harga Rumah Mulai Mengalami Peningkatan di Kuartal III/2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN melalui rim riset Housing Finance Center (HFC) merilis house price index (HPI) untuk kuartal III/2020. Hasilnya, pertumbuhan harga rumah terlihat mulai mengalami peningkatan. Hal ini menjadikan pertanda bahwa meski dalam kondisi pandemi Covid-19, penjualan rumah mulai membaik sehingga mampu mendongkrak Indeks Harga Rumah.

“Pertumbuhan harga rumah mulai meningkat pada kuartal III/2020. Hal ini ditunjukkan dengan BTN HPI yang tumbuh sebesar 4,29% year on year (yoy). Angka ini lebih tinggi dari triwulan II/2020 yang hanya sebesar 3,93%. Namun, angka itu lebih rendah dari triwulan III/2019 yang tumbuh sebesar 5,89%” kata Direktur Utama Bank BTN, Pahala Nugaraha Mansury.

Pahala menambahkan, berbagai upaya dilakukan terus menerus untuk menggenjot penjualan rumah di tengah masa pandemi. Adapun upaya yang dilakukan di antaranya bersinergi dengan pengembang memberikan promosi khusus kepada konsumen, menggelar pameran properti, membuat program KPR khusus untuk menjaring aneka segmen masyarakat, dan juga mengajak pengembang untuk meningkatkan kualitas properti agar semakin dilirik masyarakat.

Baca Juga: Sasar Generasi Milenial, Golden Stone Rilis Cluster Diamond dengan Harga Terjangkau

Pada Kuartal III/2020 ini, rumah dengan tipe 36 mengalami pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan tipe 45 dan tipe 70. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan rumah tipe 36 yang sebesar 4,52% (yoy) dan BTN HPI sebesar 189,67.

Tingginya permintaan terhadap rumah tipe 36 dibanding kedua tipe rumah lainnya ialah karena sebagian besar pembelian rumah tipe 36 merupakan rumah pertama atau read demand (bukan untuk investasi). Sedangkan permintaan terhadap rumah tipe 45 dan 70 lebih cenderung untuk tujuan investasi.

Sebagai Informasi, secara nasional pertumbuhan tahunan BTN HPI tertinggi masih terjadi di Pulau Jawa dengan rata-rata pertumbuhan tahunan (yoy) lebih dari 4,24%. Sedangkan indeks terendah triwulan III/2020 terjadi di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur yakni sebesar 143,32 dengan pertumbuhan (yoy) sebesar 2,71%. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo